OTT KPK di Medan: Empat Hakim dan Dua Panitera

Gedung kantor Pengadilan Negeri Medan
Sumber :
  • VIVA/Putra Nasution

VIVA – Komisi Pemberantasan Korupsi melakukan operasi tangkap tangan atau OTT terhadap sejumlah hakim dan panitera di Pengadilan Negeri Medan, Sumatera Utara, pada Selasa siang, 28 Agustus 2018.

Hakim Agung Gazalba Saleh Divonis Bebas di Kasus Suap MA

Kepala Bagian Hubungan Masyarakat Pengadilan Negeri Medan, Erintuah Damanik, mengonfirmasi kabar itu. Namun ia enggan memberikan keterangan secara detail terhadap hakim dan panitera yang ditangkap.

"Iya, tahu, tapi saya tidak tahu kasus apa. KPK datang tadi pagi, sekitar pukul 08.30 WIB," kata Erintuah Damanik kepada wartawan di kantor Pengadilan Negeri Medan.

Bukannya Mundur Usai Jadi Tersangka, Hasbi Hasan Cuti dari Jabatan Sekretaris MA

Berdasarkan Informasi diperoleh VIVA, ada empat hakim di Pengadilan Negeri Medan yang ditangkap, yakni Marsudin Nainggolan (Ketua), Wahyu Prasetyo Wibowo (Wakil Ketua), Sontan Marauke (hakim anggota), dan Merry Purba (hakim anggota). Dua panitera yang terjaring, yaitu Oloan Sirait dan Elfanfi.

Keenam orang itu sudah ditahan oleh tim KPK. "Meja Sontan dan Merry sudah disegel (oleh KPK). Mereka sudah dibawa ke (Markas) Polda Sumut," kata Erintuah, sembari berlalu meninggalkan wartawan. (mus)

Tak Ditahan, Sekretaris MA Hasbi Hasan Melenggang Pulang Usai Diperiksa KPK
Sekretaris Mahkamah Agung (MA) Hasbi Hasan berjalan meninggalkan ruangan usai menjalani pemeriksaan di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta, Senin (12/12/2022).

Dadan Tri Bersama Hasbi Hasan Didakwa Terima Suap Rp11,2 Miliar di Kasus MA

Dadan Tri Bersama Hasbi Hasan Didakwa Terima Suap Rp11,2 Miliar di Kasus MA

img_title
VIVA.co.id
31 Oktober 2023