Kas Daerah Minim, Lombok Barat Persilakan Asing Bantu Korban Gempa

Korban gempa Lombok dirikan tenda posko
Sumber :
  • VIVA.co.id/Reza Fajri

VIVA – Gempa bumi yang terus mengguncang Pulau Lombok di Nusa Tenggara Barat dalam beberapa pekan terakhir menyisakan duka yang mendalam bagi masyarakat Lombok. Dengan sekejap 'Negeri 1.000 Masjid' itu luluh lantah akibat gelombang gempa yang terus menerus terjadi.

Gempa Baru Saja Guncang Lombok

Sementara Pemerintah Daerah (Pemda) Lombok Barat tidak memiliki dana banyak untuk pemulihan pasca gempa. Dana tak terduga yang tersisa hanya Rp100 juta.

“Dana tak terduga hanya tinggal Rp100 juta. Sementara banyak rumah, tempat peribadatan dan fasilitas umum di Lombok Barat yang rusak,” ujar Sekretaris Daerah (Sekda) Lombok Barat, Muhammad Taufiq, Selasa 28 Agustus 2018.

Gempa Bumi Mengguncang Lombok

Total rumah yang rusak di Lombok Barat berdasarkan data yang dikantongi Sekretaris Daerah Lombok Barat sebanyak 57 ribu. Sementara, tempat ibadah sekitar 500 dan fasilitas umum yang rusak mencapai 987.

Relawan asing dari Selandia Baru Senin kemarin bertemu langsung Sekda Lombok Barat. Mereka menawarkan bantuan untuk membangun rumah warga yang rusak. Diharapkan bisa membangun kembali rumah warga dengan sisa material dari rumah warga yang hancur. Namun, apabila material untuk membangun kurang, maka kelompok relawan tersebut akan mendanai pembelian material.

Aktor Hollywood Jack Black Galang Dana untuk Bangun Sekolah di Lombok

Muhammad Taufiq menyetujui bantuan tersebut. Menurutnya, dengan kondisi saat ini bantuan dari mana pun sangat penting.

“Bencana datang tiba-tiba. Kami belum punya penganggaran bencana dengan tingkat kerugian yang sangat besar. Yang jelas Pemda Lombok Barat tidak akan sanggup menyelesaikan itu semua dalam waktu yang singkat,” tegasnya. (ren)

Warga mengangkat sepeda dari reruntuhan rumah yang rusak akibat gempa bumi di Lombok Barat, NTB, 2018 lalu.

Pemerintah Cairkan Jaminan Hidup Korban Gempa NTB Rp89,36 Miliar

Jaminan hidup tahap II untuk korban gempa NTB senilai Rp89,36 miliar akan disalurkan pada akhir bulan November 2020.

img_title
VIVA.co.id
12 November 2020