Megawati Apresiasi Atlet Pencak Silat Indonesia di Asian Games

Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay

VIVA – Presiden RI ke-5 Megawati Soekarnoputri ikut menyoroti pencapaian atlet Indonesia di Asian Games 2018. Ketua Umum PDI Perjuangan itu menyempatkan hadir menonton pertandingan final Bulu Tangkis. Putri Proklamator RI itu juga kepingin nonton Pencak Silat.

Kisah Inspiratif Jonatan Christie, Atlet Bulutangkis yang Bangun Masjid dari Dana Bonus Asian Games

“Ibu Megawati Soekarnoputri sangat tertarik untuk hadir menyaksikan Pencak Silat. Beliau menaruh perhatian besar terhadap olah raga yang begitu otentik dan sarat dengan tradisi kebudayaan Indonesia tersebut," kata Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto dalam keterangannya, Selasa, 29 Agustus 2018.

Menurut Hasto, dari pengakuan Megawati bahwa Pencak Silat seperti Bulutangkis yang merupakan olahraga dengan unsur kelincahan, strategi, dan sinkronisasi gerak. Megawati menganggap pencak silat tampak lembut namun mampu menampilkan kekuatan tersembunyi.

Kritik untuk Pelaksanaan Munas Pengurus Besar Taekwondo Indonesia

Hasto juga menyebut Pencak Silat juga semakin moncer dikenal dunia. Beberapa film Hollywood sudah menampilkan atraksi dengan unsur Pencak Silat Indonesia.

Kemudian, di bidang pertahanan militer, prajurit Kopassus juga membekali unit khususnya dengan kemampuan Pencak Silat.

Eunhyuk Super Junior: Banyak Memori Indah Terukir di Indonesia

"Inilah yang makin membanggakan kita. PDI Perjuangan sangat respek dan memberikan apresiasi tinggi atas kontribusi Pencak Silat  sebagai pendulang medali emas Indonesia," tutur Hasto.

Lalu, Hasto berharap Indonesia bisa menjadi barometer pengembangan Pencat Silat dunia.

"Menjadikan Pencak Silat sebagai persemaian rahmat kekuatan Ilahi dalam fisik manusia yang diekspresikan dalam berbagai jurus yang sungguh memesona kita," ujarnya. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya