Tiru DKI, Kapolri Bikin Rumah DP Rp0 Buat Anggota

Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian
Sumber :
  • REUTERS/Beawiharta

VIVA – Polri membuat skema rumah dengan mekanisme DP Rp0 untuk anggota polisi. Skema tersebut dibuat, karena pembangunan rumah untuk anggota Polri masih kurang.

Anggota Brimob, Ingat Baik-baik Pesan Kapolri Ini

Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian menyebut, saat ini dari 440 ribu anggota Polri, masih ada 300 ribu yang masih belum memiliki rumah.

"Kita masih kurang 300 ribu perumahan, untuk anggota yang 440 ribu. Kalau mengandalkan APBN sulit, karena itu saya sudah membuat skema DP 0 persen dengan bekerja sama dengan bank-bank pemerintah," ujar Tito di RS Polri Kramat Jati, Jakarta Timur, Jumat 31 Agustus 2018.

Tengok Cara Kapolri Ciptakan Iklim Investasi Kondusif

Selain dengan bank pemerintah, Polri juga bekerja sama dengan Persatuan Perusahaan Realestate Indonesia (REI). Tito menjelaskan, pembangunan rumahnya dibiayai oleh bank, kemudian akan ada pemotongan gaji anggota.

"Kemudian para Kapolres dan Kapolda bekerja sama dengan REI bangun perumahan buat anggota, ditawarkan kepada anggota, cocok ya. Kemudian, pembangunannya dibiayai oleh bank, Bank Mandiri, BTN, BRI semua siap, Bank Niaga," kata Tito.

Kapolri Perintahkan Jajaran Bayar dan Laporkan Pajak

Ia pun berharap, dengan adanya kenaikan tunjangan kinerja pada tahun ini yang mencapai 70 persen, nantinya setiap anggota diharapkan mampu membeli rumah.

"Setelah itu, anggota nanti tinggal dipotong gajinya. Nah, dengan adanya tunjangan kinerja yang 70 persen itu sebagian bisa dipotong untuk perumahan, sebagian bisa dipakai untuk kepentingan yang lain untuk keluarga," kata Tito.

Lebih lanjut, mantan Kapolda Metro Jaya ini mengatakan, sudah menandatangani kerja sama tersebut dengan pihak bank. Harapannya, agar anggota polisi punya hunian yang laik.

"Saya udah genjot ini berbagai wilayah, sudah mulai melakukan kegiatan kerja sama. Saya sudah tanda tangan kerja sama dengan bank-bank, Asabri (PT Asuransi Sosial Angkatan Bersenjata Republik Indonesia)," ujarnya.

Sementara itu, Kadiv Humas Polri, Irjen Pol Setyo Wasisto menegaskan. skema rumah DP Rp0 ini bukan terinspirasi dari program Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Dia menyebut, program DP Rp0 Polri ini sudah lebih dulu dibuat.

"Enggak, kita sudah lama. Sebelum disebutkan, itu sudah ada kita. Bahkan, di beberapa tempat sudah terealisir, sekarang dimasifkan lah seluruh Indonesia," kata Setyo.

Setyo menjelaskan, mekanismenya nanti akan sama dengan KPR. Di mana, para anggota bisa mencicil membeli rumah dengan waktu tertentu dan tidak ada biaya DP.

"Iya sama. Tinggal ini harga rumahnya berapa dihitung, nanti anggota mencicil ke bank. Tidak ada DP. Karena kan, kita ada MoU oleh bank tersebut," katanya.

Selain program rumah DP Rp 0, Kapolri juga mengatakan tahun ini mulai Juli, Polri dan TNI mendapat tunjangan 70 persen. Ada juga soal program kesehatan, poliklinik anggota polri melalui BPJS.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya