Wakapolda Jabar Sebut Tahanan Polres Ciamis Kabur karena Petugas Lalai

Ruang tahanan yang dijebol tahanan. Foto ilustrasi
Sumber :
  • antv/tvOne/Iqbal Abdullah (Balikpapan)

VIVA – Wakil Kapolda Jawa Barat Brigadir Jenderal Polisi Supratman menegaskan, insiden kaburnya enam tahanan dari Rumah Tahanan (Rutan) Polres Ciamis, Minggu, 26 Agustus 2018 pukul 03.00 WIB disebabkan kelalaian petugas jaga.

Awal Mula Terungkapnya Puluhan Tahanan Polres Batanghari Kabur

Supratman menjelaskan, upaya penangkapan terhadap enam tahanan yang kabur hingga saat ini terus berlanjut. Menurut  dia, kaburnya tahanan tersebut menjadi peringatan keras bagi Kapolres Ciamis agar meningkatkan kualitas penjagaan.

“Sudah ada yang ditangkap, ada tiga atau empat.  Oh betul (jadi atensi), sudah kami evaluasi,” ujar Supratman di Gedung Sate Kota Bandung Jawa Barat, Jumat, 31 Agustus 2018.

Puluhan Tahanan Polres Batanghari Kabur dari LPKA Jambi

Supratman memastikan, Kapolres Ciamis Ajun Komisaris Besar Polisi Bismo Teguh Prakoso sudah ditegur atas kejadian tersebut. “Pak Kapolda sudah menegur Kapolresnya supaya tidak terulang lagi. Mungkin dari sistem penjagaannya, salah satu evaluasi kami itu,” katanya.

Menurut dia, enam tahanan kabur dengan menjebol plafon ruang tahanan hingga memanjat ke luar tembok tahanan, merupakan tanda kelalaian petugas dalam berjaga.

Kronologi Puluhan Tahanan Polres Batanghari Kabur

“Atensi khusus kami yang begitu harus diperbaiki, anggota yang jaga juga harus betul-betul. Penyebabnya yang jaga ya lalai, mau jebol apapun kalau yang jaga siap kan enggak mungkin. Kalau semuanya siap enggak mungkin lari juga tahanannya, berarti faktor manusianya.” (mus) 

Puluhan tahanan Polres Batanghari kabur Lapas Klas II  A Sungai Buluh Batanghari

Kakanwil Kumham: Tahanan Kabur di LPKA Jambi Karena Tak Dijaga Polisi

Tahanan kabur di LPKA Jambi merupakan tahanan titipan Polres Batanghari. Mereka loncat dari tembok LPKA dan melarikan diri

img_title
VIVA.co.id
17 November 2021