UGM Juara Umum Pimnas 2018, Ini Harapan Kemenristek Dikti

Pimnas ke-31
Sumber :
  • VIVA.co.id/Syaefullah

VIVA – Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (Pimnas) ke-31 selesai digelar dan resmi ditutup Sekretaris Jenderal Kemenristek Dikti, Ainun Na’im di Gedung Olahraga Universitas Negeri Yogyakarta (UNY). Perhelatan pimnas diikuti 1.523 mahasiswa dari 136 perguruan tinggi.

Polisi Periksa 21 Saksi Terkait Kasus TPPU yang Jerat Ahli Nuklir UGM

Ainun berharap, pimnas ke-31 ini dapat melahirkan calon pemimpin masa depan di bidang riset, sains, dan teknologi. Harapannya, karya Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) dapat ditindaklanjuti dengan publikasi jurnal ilmiah, hak atas kekayaan intelektual (HAKI), dan hilirisasi karya inovatif produk mahasiswa.

“Semoga pimnas ke-31 ini dapat meningkatkan karya ilmiah, inovasi dan kemudian meningkatkan daya saing bangsa. Dari pimnas ini saya dapatkan informasi banyak gagasan atau karya mahasiswa yang luar biasa," ujar Ainun di gedung Olahraga, UNY, Yogyakarta, Sabtu malam, 1 September 2018.

Ahli Nuklir UGM Jadi DPO Kasus Penggelapan Rp 9,2 Miliar, Begini Kronologinya

Ainun mendorong agar pimnas ke depannya dapat dikembangkan lebih lanjut dengan pekan ilmiah tingkat regional dengan cakupan semua perguruan tinggi baik negeri maupun swasta.

Dalam kegiatan itu, ia menyampaikan selamat kepada para juara pimnas. Kemudian, bagi yang belum juara menjadikan pimnas ini sebagai pengalaman dan pelajaran yang berharga.

Pimpinan Jemaah Aolia Ternyata Sempat Kuliah di Fakultas Kedokteran UGM

Rektor Universitas Negeri Yogyakarta Sutrisna Wibawa dalam laporannya menyampaikan pimnas ke-31 dengan UNY sebagai tuan rumah dapat berjalan dengan baik.

Tema yang diangkat dalam pimnas kali ini adalah “Mewujudkan Mahasiswa Indonesia yang Unggul, Kreatif dan Inovatif Berlandaskan Ketaqwaan, Kemandirian dan Kecendekiaan dalam Bingkai Kebhinekaan”.

“Sesuai dengan tema yang diangkat, pimnas kali ini diharapkan tidak hanya menjadi ajang untuk meningkatkan kreativitas dan inovasi mahasiswa di bidang akademik,” ujar Sutrisna.

Pimnas ke-31 di Universitas Negeri Yogyakarta menghadirkan Universitas Gadjah Mada (UGM) sebagai juara umum. UGM berhasil memperoleh raihan medali terbanyak sekaligus menghentikan dominasi Universitas Brawijaya yang merupakan juara umum pada tiga pelaksanaan pimnas sebelumnya.

Juara umum Pimnas 2018 memperoleh Piala Bergilir Adhikarta Kertawidya yang diserahkan secara langsung oleh Sekjen Kemenristekdikti Ainun Na’im.

Berikut daftar 10 besar peringkat Pimnas 2018:

1.Universitas Gadjah Mada
2.Universitas Brawijaya
3. Universitas Diponegoro
4. Universitas Indonesia
5. Universitas Negeri Yogyakarta
6. Institut Teknologi Sepuluh Nopember
7. Politeknik Elektronika Negeri Surabaya
8. Universitas Airlangga
9. STKIP Muhammadiyah Sampit
10. Universitas Negeri Semarang

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya