BMKG: Puncak Musim Penghujan Akan Terjadi Pada Desember-Januari

Jakarta diguyur hujan
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Syaefullah.

VIVA – Senior Forecaster Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Soenardi, memperkirakan wilayah Indonesia bagian Barat akan mengalami intensitas hujan yang tinggi pada bulan Oktober dan November. 

BMKG Sebut Gelombang hingga 2,5 Meter Bakal Terjadi di Perairan Indonesia, Ini Lokasinya

"Kalau untuk bulan September sendiri saya masih belum bisa memastikan. Tapi kemungkinan di Oktober dan November," ucap Soenardi di Kantor BMKG Pusat, Kemayoran, Jakarta Pusat, Senin, 3 September 2018.

Akan tetapi jika dilihat dari musim penghujan di 2017. Soenardi menilai bahwa puncak musim penghujan akan terjadi di Desember 2018 hingga Januari 2019. 

BMKG Sebut Erupsi Gunung Ruang di Sulut Berpotensi Tsunami: Ada Catatan Sejarahnya

"Kalau dilihat dari tahun kemarin itu puncaknya di Desember dan Januari. Tapi ini belum rilis kemungkinan besok baru pastinya," tuturnya. 

Untuk saat ini, pihaknya belum dapat memastikan apakah bulan September sudah memasuki musim penghujan atau belum. Soenardi mengaku bahwa pihaknya masih melakukan penelitian kembali.
 

Gunung Ruang Erupsi, Pemkab Sitaro Tetapkan Tanggap Darurat Selama 14 Hari
Ilustrasi - Hujan deras disertai angin kencang melanda wilayah Kota Kupang, NTT.

Hujan Sedang hingga Lebat Diperkirakan Guyur Sejumlah Daerah pada Hari Ini

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengingatkan risiko hujan sedang hingga lebat di sejumlah wilayah Indonesia pada Rabu.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024