TNI Pecahkan Rekor MURI Tari Gemu Famire

TNI-Polri pecahkan rekor MURI tari Gemu Famire
Sumber :
  • VIVA/Anwar Sadat

VIVA – Ratusan ribu personel TNI memecahkan Rekor MURI untuk tari Gemu Famire pada Selasa 4 September 2018. Pemecahan Rekor MURI ini dilakukan secara serentak di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan dimulai pada pukul 07.00 WIB.

Roadmap Repatriasi Hak Militer Sumber Daya Pertahanan Negara

Peserta tari Gemu Famire ini, terdiri dari personel dan jajaran di TNI, PNS, Dharma Pertiwi, Pramuka dan siswa binaan TNI. Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto mengatakan tari Gemu Famire ini dihadiri sejumlah 346.800 peserta. 

Selain itu diiringi juga oleh lagu Gemu Famire dan dinyanyikan secara langsung oleh pencipta lagu Gemu Famire yaitu Frans Cornelius Dian Bunda.

Danlantamal III Lantik Kolonel Widyo Jadi Komandan Lanal Palembang

"Ya ini adalah pengarang lagu Gemu Famire dan hari ini hadir di Jakarta. Tujuannya yang pertama adalah bagaimana kita bisa mempertahankan budaya Indonesia melestarikan budaya Indonesia sekaligus juga kita melaksanakan kegiatan olahraga secara bersama-sama bersuka cita," kata Hadi di Mabes TNI Cilangkap, Jakarta Timur, Selasa 4 September 2018

Hadi mengatakan, kegiatan ini dapat menjadi simbol pemersatu bangsa. "Ada satu ikon untuk Indonesia. Lagu Gemu Famire telah mempersatukan seluruh bangsa Indonesia di segala lapisan," ujar dia lagi.

Ternyata Gelar Kehormatan Istri Jenderal Dudung sama dengan Megawati

Sementara itu, Ketua Rekor MURI Indonesia, Jaya Suprana mengatakan, rekor ini merupakan rekor baru yang dilakukan di Indonesia.  

"Apa yang dilakukan oleh bapak Panglima dengan segenap gagasan dari ibu Panglima yang didukung dengan seluruh jajaran TNI maupun Polri merupakan bukti bahwa TNI dan Polri manunggal dengan rakyat dalam kesenian. Jadi kami sangat terharu dan kami sangat menghormati prakarsa ini, ini bukan hanya melestarikan, bukan hanya menjunjung tinggi tapi juga mengembangkan mahakarya kebudayaan nusantara," ujar Jaya.

Tari Gemu Famire secara serentak dilakukan di seluruh wilayah NKRI di berbagai lokasi di antaranya lapangan Markas Komando Daerah Militer (Makodam), Markas Komando Resort Militer (Makorem), Pangkalan Angkatan Laut (Lanal), Pangkalan Udara (Lanud), Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal), Markas. Komando (Mako) Lantamal, Lapangan Kantor Gubernur, Alun-Alun, Pantai Kuta Bah, stadion, gedung olahraga (GOR) di masing-masing Kotama dan lapangan Plaza Mabes TNI.

Untuk pelaksanaan Tari Gemu Famire di Plaza Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur diikuti oleh 14.300 orang yang berasal dari Mabes TNI 5.000 orang, Mabes TNI AD 1.000 orang, Mabes TNI AL 4.000 orang, Mabes TNI AU 4.000 orang dan Mabes Polri 300 orang.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya