Emak-emak Majelis Taklim di Banten Daftar Jadi Relawan Jokowi

Ratusan orang di Kota Serang, Banten, ramai-ramai mendaftarkan diri sebagai relawan calon presiden dan wakil presiden Joko Widodo-Ma'ruf Amin di sekretariat Wali Sembilan pada Selasa, 4 September 2018.
Sumber :
  • VIVA/Yandi Deslatama

VIVA – Ratusan orang di Kota Serang, Banten, ramai-ramai mendaftarkan diri sebagai relawan pemenangan pasangan calon presiden dan wakil presiden Joko Widodo-Ma'ruf Amin di sekretariat Wali Sembilan.

Pembangunan 1 Kota IKN Vs 40 Kota, Apa Rugi dan untungnya?

Wali Sembilan, komunitas yang memprakarsai perekrutan relawan itu, membuka pendaftaran pada Selasa, 4 September 2018. Sejak dibuka pada pukul 08.00 WIB hingga siang, dilaporkan bahwa sudah ada sedikitnya lima ratus orang yang mendaftar.

Sebagian ialah kalangan ibu-ibu alias emak-emak anggota majelis taklim pengajian, sebagian yang lain kalangan muda santri dan mahasiswa.

5 Poin Penting Kunjungan Jokowi ke Afrika

Mariam, seorang warga Kecamatan Taktakan, misalnya, mengaku bersama puluhan anggota pengajiannya beramai-ramai mendatangi sekretariat Wali Sembilan. Dia tak merinci alasan bersedia menjadi relawan bagi Jokowi-Ma'ruf.

Namun, yang pasti, pasangan itulah yang dia yakini lebih baik. "Paling bagus didukungnya," tuturnya.

Rocky  Gerung Seorang Republikan

Kalangan santri yang mendaftar berasal dari Pesantren Al-Idrisiyah, Kelurahan Terumbu, Kecamatan Kasemen, Kota Serang. Mereka mengenakan sarung dan berpeci hitam beramai-ramai mendaftar sebagai relawan Jokowi-Ma'ruf, ikut mengantre mengisi formulir pendaftaran.

"Pemimpin seperti ini tidak ada yang lain. Saya mendukung Jokowi secara hati nurani, Lillahi ta'ala (tulus karena Allah)," kata Ibnu, seorang di antara para santri pendaftar.

Emak-emak Majelis Taklim di Banten Daftar Jadi Relawan Jokowi

Wali Sembilan tak memperumit proses pendaftaran, karena yang mereka rekrut ialah relawan yang memang bersedia dengan ikhlas untuk memenangkan Jokowi-Ma'ruf. Karena itulah syaratnya cukup membawa fotokopi KTP dan mengisi formulir yang sudah disediakan oleh panitia.

"Ini terinspirasi dari masyarakat, mereka sebagai pemilih Jokowi yang tulus ikhlas. Dibukanya sekitar satu minggu secara kontinu," kata Saifun Nawasi, ketua Pembina Wali Sembilan, di tempat yang sama.

Saifun tak menargetkan jumlah relawan yang direkrut. Namun, makin banyak tentu lebih baik. Bahkan, katanya, kalau respons publik cukup baik, posko pendaftaran akan dibuka juga di kota/kabupaten lain di Banten.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya