Rupiah Melemah, Pengusaha di Tangerang Ramai-ramai Tukar Dolar

Petugas menata pecahan dolar Amerika di salah satu gerai penukaran mata uang di Kwitang, Jakarta Pusat
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan

VIVA - Harga dolar yang sampai saat ini terus menguat mengakibatkan masyarakat mulai melakukan penukaran uang. Hal tersebut tampak dari beberapa lokasi penukaran uang yang dipadati oleh masyarakat.

Bank Indonesia Naikkan BI Rate Jadi 6,25 Persen Demi Stabilkan Rupiah

Salah satunya Dolarasia Money Changer, Serpong, Tangerang. Masyarakat melakukan penukaran dolar milik mereka mengingat saat ini harga mata uang rupiah yang melemah hingga Rp14.927.

Yanuar (35 tahun), pengusaha otomotif asal Tangerang mengatakan momentum ini sekiranya dapat menguntungkannya mengingat nilai yang cukup tinggi untuk penukaran mata uang US dolar ke rupiah.

Hasil Uji Ketahanan OJK: Perbankan Masih Bisa Mitigasi Pelemahan Rupiah

"Saya tadi melakukan penukaran USD5.000 dan ini memang sengaja dilakukan seperti melakukan investasi saja. Kalau sudah seperti ini kita tukar," katanya, Kamis, 6 September 2018.

Salah seorang pegawai setempat, Aris, mengatakan, sejak rupiah melemah banyak orang yang melakukan penukaran bahkan para pegawai di money changer tersebut mengaku kewalahan.

Rupiah Amblas ke Rp 16.270 per Dolar AS Pagi Ini

"Antre sampai panjang sih rata-rata dari pagi sampai siang jam dua, itu ramai. Sehari kami bisa dapatkan USD10.000 atau lebih saat ini. Untuk pecahan rata-rata paling banyak itu 100 dolar," katanya.

Sementara, pada salah satu money changer di Curug, Tangerang, melemahnya rupiah tak memiliki dampak berarti pada proses penukaran uang.

"Kalau di kita masih biasa saja dengan jumlah sehari hanya USD10.000. Jadi, belum ada pengaruhnya," kata Tony salah seorang Kepala Cabang Money Changer PT Niaga Mas Valasindo.

Sampai saat ini nilai mata uang rupiah terhadap dolar mencapai Rp14.989.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya