Sah, Kabareskrim Baru Arief Sulistyanto Berpangkat Komjen

Kapolri memimpin upacara kenaikan pangkat 23 perwira Polri
Sumber :
  • VIVA/Bayu Januar

VIVA – Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian memimpin upacara Korps Kenaikan Pangkat kepada 23 anggota Polri yang di gelar di gedung Rupatama, Mabes Polri, Jalan Trunojoyo, Jakarta Selatan pada Jumat 7 September 2018.

5 Polisi di Kolaka Ditangkap karena Keroyok Warga hingga Babak Belur, Kapolres Minta Maaf

Dalam upacara kenaikan pangkat ini salah satu Perwira Tinggi (Pati) Polri yang dinaikkan pangkatnya satu tingkat lebih tinggi adalah Komjen Pol Arief Sulistyanto. Arief yang sebelumnya berpangkat Inspektur Jenderal (Irjen) dinaikkan pangkatnya menjadi Komisaris Jenderal (Komjen), karena mengisi jabatan Kabreskrim Polri.

"Saya mengucapkan selamat kepada semua teman-teman. Ini karena kerja keras semua teman-teman dan izin dari Tuhan Yang Maha Kuasa," kata Tito dalam sambutannya, di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Jumat.

Brigjen Nurul Bicara Strategi STIK Lemdiklat Cetak Pemimpin Polri yang Mumpuni

Selain Komjen Arief, Kapolri juga menaikkan pangkat Pati Polri berpangkat Brigadir Jenderal (Brigen) ke Inspektur Jenderal (Irjen). Adapun keenam nama perwira tinggi (pati) itu adalah Kapolda Kepulauan Riau Irjen Widodo Eko, Kakorlantas Polri Irjen Refdi Andri, dan As SDM Polri Irjen Eko Indra Heri. Kenaikan pangkat juga diterima Kapolda Lampung Irjen Purwadi Arianto, Kapolda Sumatera Utara Irjen Agus Andrianto, dan Kadiv Propam Polri Irjen Listyo Sigit Prabowo.

Selanjutnya, sebanyak 16 anggota Polri yang berpangkat Komisaris Besar (Kombes) dinaikan pangkat menjadi Brigadir Jenderal (Brigjen) antara lain Direktur Peran Serta Masyarakat Deputi Pemberdayaan Masyarakat BNN Brigjen Mohamad Jupri, Kanit Penindakan Hukum Bakamla RI Brigjen Hariadi, Karo Multimedia Divisi Humas Polri Brigjen Budi Setiawan, dan Direktur Pemberdayaan Alternatif Deputi Pemberdayaan Masyarakat BNN Brigjen Agus Riansyah.

Ternyata Syarat Usia Minimal Punya SIM Tidak Semuanya 17 Tahun, Cek Aturannya

Kemudian, Kepala BNN Sulawesi Selatan Brigjen Idris Kadir, Widyaiswara Madya Sespimti Sespim Lemdiklat Polri Brigjen M Arkan Hamzah, Direktur Bina Ketertiban Masyarakat Korbinmas Baharkam Polri Brigjen Edi Setio Budi Santoso, dan Kepala BNN Sulawesi Utara Brigjen Utomo Heru Cahyono.

Selain itu, Kepala BNN Jambi Brigjen Heru Pranoto, Brigjen Kepala BNN Maluku Mohammad Aris Purnomo, Kepala Pusat Penelitian, Data dan Informasi BNN Brigjen Agus Irianto, Kepala BNN NTT Brigjen Teguh Iman Wahyudi, Karo Provost Divisi Propam Polri Brigjen Hendro Pandowo, Kadiklat Susjatras Lemdiklat Polri Brigjen Nugroho Slamet Wibowo, Widyaiswara Madya Sespimti Sespim Lemdiklat Polri Ibnu Suhaendra, dan Wakapolda Sumatera Utara Brigjen Mardiaz Kusin.

Dalam Upacara itu, Kapolri yang menjadi Inspektur Upacara, juga menggelar Upacara Serah Terima Jabatan (Sertijab) kepada lima Pati Polri.

Lima Pati Polri yang melakukan serah terima jabatan, yakni Irjen Pol Eko Indra Heri yang menjabat sebagai As Sdm Kapolri, Irjen Pol Refdi Andri yang menjabat sebagai Kakorlantas Polri, Irjen Pol Royke Lumowa yang menjabat sebagai Kapolda Maluku, Irjen Pol Luki Hermawan yang menjabat sebagai Kapolda Jatim dan Irjen Pol Yazid Fanani yang menjabat sebagai Kapolda Kalsel.

Sementara Itu, sebanyak 14 Anggota Polri diberikan pengharhgaan sebagai bentuk apresiasi Kepolisisan Negara Republik Indonesia kepada para anggotanya yang telah berpartisipasi mengharumkan nama bangsa dalam pergelaran Asian Games 2018.

Bahkan, dua di antaranya, yakni Bripda Akyko Michele Kapito dan Bripda Andi Trisandi Saputra mendapatkan medali perak dari cabang olahraga sepaktakraw.

"Saya ucapkan terima kasih banyak kepada rekan-rekan yang dapat penghargaan. Ada dua anggota Polri dapatkan medali perunggu dari sepak takraw. Untuk rekan-rekan atlet yang dapat medali maupun yang belum dapat mudah-mudahan dapat prestasi lebih baik di masa mendatang. Polri berterima kasih kepada rekan-rekan karena mengharumkan nama negara nama bangsa dan juga nama Polri," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya