Korupsi Massal DPRD Malang, Khofifah: Ini Pelajaran Sangat Berharga

Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Zabur Karuru

VIVA – Gubernur Jawa Timur terpilih Khofifah Indar Parawansa mengomentari fenomena korupsi massal yang dilakukan oleh anggota DPRD Kota Malang dalam kasus suap APBD-Perubahan Kota Malang tahun anggaran 2015.

Gerindra Tak Masalah PDIP Gabung Usung Khofifah di Pilgub Jatim, Ada Tapinya

Adapun dalam kasus ini 40 anggota dewan dan seorang mantan anggota dewan menjadi tersangka. 22 orang ditetapkan tersangka pada Senin, 3 September 2018. Sedangkan, 18 orang lainnya menjadi pesakitan di pengadilan Tipikor di Surabaya.

"Proses pergantian antar waktu (PAW) sudah memenuhi syarat untuk 40 orang," ujar Khofifah saat berkunjung ke Pondok pesantren Barul Maghfiroh, Kota Malang, Minggu, 9 September 2018.

Tepis Isu Cak Imin Maju di Pilgub Jatim, Elite PKB Sebut Ada Tempat yang Lebih Mulia

"Tapi lepas dari itu semua ini bagian dari koreksi kita bersama sesungguhnya akuntabilitas, siapa saja, dari pos manapun. Ini pelajaran yang sangat berharga bagi Bangsa Indonesia fenomena di DPRD Kota Malang sampai tersisa hanya 5 orang," kata Khofifah.

Sementara itu, 40 berkas penggantian antar waktu (PAW) anggota DPRD Kota Malang telah ditandatangani oleh Gubernur Jawa Timur Soekarwo, pada Sabtu, 8 September 2018 di Surabaya. Surat Keputusan (SK) itu diserahkan langsung ke Sekretaris Daerah Kota Malang, Wasto.

Masih Digodok, PKB Ogah Bocorkan Kandidat yang Bakal Diusung di Pilgub Jatim

Plt Ketua DPRD Kota Malang Abdurochman mengatakan, SK dari gubernur itu untuk 40 anggota DPRD Kota Malang dan 10 partai yakni, PDI-Perjuangan, Partai Golkar, Partai Demokrat, PKB, PPP, PAN, PKS, Partai Hanura, Partai Nasdem dan Partai Gerindra.

"SK sudah turun, Senin, 10 September semua akan dilantik sebagai anggota baru," tutur Abdurochman. 

Ridwan Kamil dan Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto.

Airlangga Tugaskan RK Maju Pilkada Jakarta, Bobby di Sumut dan Khofifah Jatim

Nama Ridwan Kamil alias RK jadi calon kuat yang akan digadang-gadang sebagai bakal cagub Golkar untuk Pilkada Jakarta.

img_title
VIVA.co.id
16 April 2024