Infrastruktur Asian Games Tuai Pujian, PUPR Beri Penghargaan

Kementerian PUPR tuai pujian soal persiapan infrastruktur Asian Games 2018.
Sumber :
  • VIVA/Fikri Halim

VIVA – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) memberikan apresiasi kepada sejumlah pihak yang telah bahu-membahu menyukseskan pelaksanaan Asian Games 2018 yang diselenggarakan mulai 18 Agustus hingga 2 September 2018. Khususnya dalam penyediaan sarana, prasarana olahraga serta infrastruktur yang menuai pujian banyak pihak.

Kisah Inspiratif Jonatan Christie, Atlet Bulutangkis yang Bangun Masjid dari Dana Bonus Asian Games

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, kesuksesan penyelenggaraan event olahraga terbesar di Asia tersebut salah satunya karena kesiapan infrastruktur baik venue maupun non venue yang digunakan.

"Siapa sangka kita bisa mempersiapkan Asian Games dalam waktu singkat, 1,5 tahun. Padahal minimal butuh waktu 4 tahun," ujar Basuki di acara penganugerahan apresiasi kepada para Pendukung Keberhasilan Penyelenggaraan Asian 2018, di Auditorium Kementerian PUPR, Jakarta, Senin 10 September 2018.

Kritik untuk Pelaksanaan Munas Pengurus Besar Taekwondo Indonesia

Apresiasi yang diberikan tersebut berupa penyerahan piagam penghargaan dari Wakil Presiden Indonesia Jusuf Kalla selaku Ketua Dewan Pengarah Indonesia Asian Games 2018 Organizing Committee (INASGOC). 

Setidaknya, ada 100 piagam untuk institusi, asosiasi sebanyak 8 penghargaan, perusahaan non konstruksi pendukung sebanyak 8 penghargaan, pelaksana pekerjaan konstruksi sebanyak 43 penghargaan, dan konsultan sebanyak 41 penghargaan. 

Eunhyuk Super Junior: Banyak Memori Indah Terukir di Indonesia

"Sekecil apapun kontribusi berhak mendapat apresiasi tersebut. Ini apresiasi bapak Wakil Presiden sebagai Dewan Pengarah," ujarnya.

Selain itu, Basuki mengatakan pihaknya sendiri juga memberikan sebanyak 61 piagam penghargaan kepada arsitek prinsipal dan perencana perorangan sebanyak 10 penghargaan. Lalu sebanyak 14 penghargaan kepada kepala satuan kerja PUPR, pejabat pembuat komitmen PUPR sebanyak 20 penghargaan, dan anggota tim pelaksana satgas infrastruktur Asian Games ke-18 sebanyak 18 penghargaan. Sehingga total penghargaan yang diberikan sejumlah 162 piagam penghargaan. 

Sebagai informasi saja, ada sebanyak 79 venue dan non venue pertandingan yang terdiri dari 33 venue dikerjakan oleh PUPR, 27 Venue oleh Pemerintah Daerah Provinsi DKI Jakarta, Jawa Barat, dan Sumatera Selatan serta 19 venue oleh Inasgoc. Selain itu Kementerian PUPR juga ditugaskan membangun 14 sarana pendukung seperti Wisma Atlet Kemayoran dan Jakabaring, serta penataan kawasan kompleks Gelora Bung Karno.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya