Menag Lukman: Tahun Baru Islam Ingatkan Peristiwa Hijrah Nabi Muhammad

Menteri Agama, Lukman Hakim Saifuddin
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A

VIVA – Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin mengucapkan selamat memperingati Tahun Baru Islam 1440 Hijriah, yang bertepatan pada hari ini, Selasa, 11 September 2018. 

Momen Pergantian Kiswah Ka'bah di Malam Tahun Baru 1 Muharram

"Semoga kualitas-kualitas hidup kita semakin membaik," ujar Lukman Hakim Saifuddin dalam video pendek yang diunggah di akun twitter Kementerian Agama @Kemenag_RI.

Lukman menjelaskan, bahwa Tahun Baru Islam 1 Muharam 1440 Hijriah merupakan momentum untuk mengingatkan pada peristiwa hijrahnya Nabi Muhammad SAW dan para sahabatnya dari Mekah ke Madinah.

Makna dan Larangan dalam Ritual Malam Satu Suro

Hijrah yang dilakukan oleh Rasulullah SAW, 15 abad yang silam merupakan suatu mata rantai perjuangan membangun tatanan kehidupan masyarakat yang memberikan jaminan kebebasan menegakkan akidah, menjalankan ibadah dan menegakkan ajaran Islam yang rahmatan lilalamin.

Menurut dia, peristiwa hijrah merupakan tonggak paling bersejarah dalam perkembangan dakwah Islam ke seluruh dunia. Sehingga ditetapkan sebagai permulaan penanggalan tahun baru Islam.

Ucapan Isra Miraj 2022 yang Bisa Dibagikan ke Keluarga dan Kerabat

"Memperingati momentum tahun baru Hijriah berarti meneguhkan sekaligus menegaskan komitmen penunaian kerja nyata menuju kemajuan yang lebih baik dan berkualitas dalam membangun peradaban bersama di masa kini dan mendatang," jelasnya.

Penggantian kiswah Kabah

FOTO: Seperti Ini Proses Penggantian Kiswah Kabah

Pemerintah Saudi tetapkan 1 Muharam sebagai momen penggantian Kiswah. Untuk mengganti kiswah ini telah disiapkan tenaga khusus yang sebelumnya telah dibekali pelatihan.

img_title
VIVA.co.id
19 Juli 2023