Kang Emil Ingin Sulap Kalimalang Sekeren Sungai Cheonggyecheon Korsel

Kalimalang akan disulap Ridwan Kamil seperti di Korea
Sumber :
  • Instagram Ridwan Kamil

VIVA – Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil langsung tancap gas di awal jabatannya. Ia berencana akan mengubah Sungai Kalimalang seperti Sungai Cheonggyecheon yang berada di negara Korea Selatan.

Media Korsel Sorot Timnas Indonesia: Senjata Paling Berbahaya Mereka Adalah STY

Kang Emil sapaan akrab Ridwan Kamil itu bakal melakukan revitalisasi dan perencanaannya akan dimulai pekan depan.

"WARGA KOTA BEKASI tercinta, Minggu depan sudah dimulai desain dan perencanaan reviltalisasi Kali Malang. Semoga bisa sekeren Sungai Cheonggyecheon di Seoul. Dikawal warga teladan kang @kangmalik_. Hatur Nuhun #JABARJUARA," tulis laman akun Instagram resminya, Rabu, 12 September 2018.

5 Fakta Mengerikan Jelang Duel Korea Selatan vs Timnas Indonesia di Piala Asia U-23

Kang Emil pun mengunggah foto gambar antara Kalimalang dengan Sungai Cheonggyecheon, Korea Selatan.

Status Kang Emil terkait reviltalisasi Kalimalang itu menyedot perhatian para warganet, tanda like saja hingga 294.675 orang, dan untuk kolom komentar 15.057 lebih.

Ini Pemain Korea Selatan yang Perlu Diwaspadai Timnas Indonesia di Piala Asia U-23

"Tah nu keu gubernur mah, langsung cepat tanggap. Resep mah aing da. Ngan hanjakal commena tara wae dibales. Bae ah keur sibuk mereun. Semangat wa email," tulis dhens347.

"Di gratisin juga kang kaya di taman2 di Bandung. Di bekasi mau foto2 susah harus bayar. Foto doang bayar," tulis dinnur.afi.

Ihwal Sungai Cheonggyecheon di Korea Selatan, sebelumnya juga menjadi perhatian Presiden Joko Widodo bersama Ibu Iriana. Jokowi, menyempatkan berjalan kaki bersama peserta Korea-Indonesia atau KIND Meet Up menuju Plaza Cheonggeyecheon, Selasa pagi, 11 September 2018 pukul 07.30, waktu Korea Selatan

Seperti dikutip dari siaran pers Deputi Bidang Protokol, Pers dan Media Sekretariat Presiden, Bey Machmudin, di pengunjung jalan sebelum menyusuri tepi sungai itu, Presiden disambut Wali Kota Seoul, Park Won-Soon.

Presiden, Ibu Iriana, dan para peserta KIND Meet Up berdialog sembari berjalan santai menyusuri indahnya tepi Sungai Cheonggyecheon, Seoul.

Sepanjang tepi Sungai Cheonggyecheon, Presiden Jokowi berbincang akrab dengan Wali Kota Seoul, Park Won-soon. Hal yang menjadi perhatian Jokowi adalah kebersihan Sungai Cheonggyecheon yang melintasi tengah kota itu.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu teringat Sungai Ciliwung yang masih kotor padahal juga melintasi jantung Ibu kota.

"Sungai Cheonggyecheon ini sebuah inspirasi yang sangat bagus, kalau Sungai Ciliwung bisa bersih, dan itu bisa. Tahun 2003, sungainya juga sama (seperti Ciliwung) dan dengan waktu dua tahun tiga bulan sangat bersih sekali seperti zaman dahulu kala. Sebuah tontonan yang bisa jadi tuntunan untuk bisa digarap di Jakarta," kata Jokowi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya