Tahun Depan, Palembang Bakal Punya Supermarket Khusus Ikan

Pedagang ikan tongkol
Sumber :
  • VIVAnews/Zulfikar Husein

VIVA – Pemerintah Kota Palembang, berencana membangun pasar ikan modern atau supermarket Ikan pada 2019. Supermarket khusus ikan ini disiapkan sebagai sarana penyedia berbagai jenis ikan.

Kulineran di Bogor, Bisa Belanja Sekaligus Nikmati Dodonyaki Khas Jepang yang Lezat

Kepala Dinas Perikanan Kota Palembang, Afrizal Hasyim mengungkapkan, supermarket ikan ini akan dibangun di Jalan MP Mangkunegara, Kecamatan Ilir Timur III. Saat ini, rencana pembangunan Mal Ikan sudah memasuki tahap lelang.

"Dalam waktu dekat kami sudah merencanakan pembongkaran lokasi yang saat ini masih ada bangunan. Saat ini, progresnya masih lelang. Mungkin, 2019 mulai dibangun dan 2020 sudah bisa dimanfaatkan," kata Afrizal, Rabu 12 September 2018.

Viral Lafadz Allah Ditemukan di Kaos Kaki yang Dijual di Supermarket, Warga Muslim Diminta Boikot

Afrizal menerangkan, saat ini, Pemerintah kota Palembang sedang mengumpulkan seluruh pedagang yang akan mengisi supermarket ikan pertama di Sumatera Selatan.

Di sana akan disediakan sebanyak 165 los pasar ikan yang berada di lantai bawah. Untuk lantai atas akan ada 80 food court dengan berbagai varian kuliner berbahan dasar ikan.

Gara-gara Saling Tatap di Perempatan, Pedagang Ikan di Lampung Tewas Ditikam Tetangga

"Semua konsep ini telah disiapkan Kementrian Perikanan, karena mereka yang punya anggaran. Kami hanya mempersiapkan tempat," ungkap Afrizal.

Dengan adanya supermarket ikan ini, ke depan masyarakat tidak susah lagi mencari ikan basah untuk keperluan rumah tangga maupun industri kuliner. Pasar ikan ini akan dilengkapi dengan teknologi pembayaran via debit maupun e-money.

Sejauh ini, kata Afrizal, pihaknya tidak menemukan kendala yang begitu berarti. Dia berharap, melalui supermarket ikan ini dapat mengubah image masyarakat terhadap pasar ikan, dan ikan menjadi panganan yang disukai masyarakat.

"Nantinya, ikan yang dijual tetap dengan harga eceran seperti di pasar-pasar. Kami akan seleksi pedagangnya. Yang berjualan harus benar-benar pedagang ikan dan kita ingin harganya sama seperti yang djual di pasar," terangnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya