Ridwan Kamil Ingatkan Media Arus Utama Kunci Lawan Informasi Sesat

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.
Sumber :
  • VIVA/Adi Suparman

VIVA – Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil memberikan tips mudah kepada elite partai politik untuk menyukseskan Pemilihan Legislatif (Pileg) dan Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019 tanpa kampanye hitam dan penyebaran informasi bohong di tengah masyarakat.

Ridwan Kamil Setop PSBB di Jawa Barat, Kecuali Bodebek

Menurutnya, semua pihak agar menitiktumpukan informasi dari sumber lembaga resmi dan media mainstream atau arus utama. Pihaknya juga mengimbau semua pihak agar tidak terpaku pada sumber informasi yang tidak jelas kebenarannya.

“Berita bisa bohong, foto bisa diedit, karena itu saya menitipkan para pimpinan partai agar para pendukung jangan menyebar berita yang belum verified. Caranya mudah, ada enggak di media mainstream, kalau ada news value pasti dimuat kantor berita,” ujar Ridwan Kamil saat deklarasi bersama mewujudkan Pileg dan Pilres 2019 damai di Mapolda Jawa Barat, Rabu 12 September 2018.

Ridwan Kamil Tawarkan Proyek Investasi di Jabar Rp700 Triliun

Pria yang akrab disapa Emil ini mengakui, dinamika politik di 2019 akan panas karena terdapat 20 partai terlibat. Oleh karena itu, lanjut Emil, iklim politik dengan biaya tinggi harus dikawal agar tetap berjalan kondusif.

“Mari suarakan semangat damai dan sejuk dalam Pileg dan Pilpres 2019. Semakin banyak partai, semakin tinggi dinamika. Dengan biaya yang sangat mahal, syarat nomor satunya adalah stabilitas dan kondusivitas,” katanya.

Masa AKB di Jabar, Warga Jakarta Dilarang Wisata ke Puncak Bogor

Sementara itu, Kapolda Jawa Barat, Irjen Pol Agung Budi Maryoto menambahkan, untuk menciptakan keinginan tersebut, kenetralan semua aparat pemerintah jadi kunci utama suksesnya pelaksanaan Pileg dan Pilpres 2019 di Jawa Barat. Menurutnya, deklarasi yang dilakukan jangan sampai hanya menjadi seremonial belaka.

“Netralitas dan transparansi dengan tidak berpihak ke salah satu calon sehingga terwujud. Kepada seluruh aparat untuk netral dan siap mengawal pileg dan pilpres,” kata kapolda Jabar.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil usai berkeliling mengendarai bus di Taman Safari Indonesia, Bogor, Jumat, 26 Juni 2020.

Ridwan Kamil: Covid-19 Penyakit Orang Kota

Destinasi wisata di Jawa Barat tidak menerima wisatawan luar.

img_title
VIVA.co.id
26 Juni 2020