Jalur Layang KA di Medan‎ Sudah 91 Persen, Desember 2018 Dioperasikan

Kereta Modern Asal Korea di Bandara Kualanamu
Sumber :
  • diza/VIVA

VIVA – Balai Teknik Perkeretaapian Wilayah Sumatera Utara, optimistis jalur layang kereta api Stasiun Besar Medan-Bandara Kualanamu Internasional Airport Kabupaten, siap beroperasi pada Desember 2018 ini.

Jelajah Kota Medan dengan Kereta Modern Asal Korea

"Untuk saat ini, sudah 91 persen pengerjaan dilakukan. Kita targetkan di akhir Desember, sudah mulai dioperasikan," ucap Pejabat Pembuat Komitmen Balai Teknik Perkeretaapian Wilayah Sumatera Utara, Fakhrul Rivai Hasibuan, saat dikonfirmasi saat dikonfirmasi VIVA, Jumat siang, 14 September 2018.

Fakhrul mengungkapkan, pihaknya tengah melakukan pemasangan bantalan rel, yang dimulai dari arah Mandala. Kemudian, juga tengah menyelesaikan pemasangan Box Girder dan Pci Girder. 

Ada Penumpang Gelap Lion, Kemenhub Usut Keamanan Kualanamu

"Saat ini, rel, bantalan, dan batu balas sudah mulai pengerjaan untuk diselesaikan," kata Fakhrul.

Selanjutnya, Balai Teknik Perkeretaapian Wilayah Sumatera Utara tengah melakukan pengerjaan untuk pembangunan stasiun, bagi kereta api layang akan kereta api Rallink Indonesia atau disebut dengan kereta api bandara.

Tahun Depan Kereta dari Bandara Kualanamu Hingga Binjai

"Iya, termasuk melakukan pembangunan depo juga yang ada di Pulo Brayan. Kita lagi kejar progres semua untuk penyelesaian pengerjaannya," ujar Fakhrul.

Untuk Stasiun Bandara Kualanamu, tidak ada pengerjaan. Menurut Fakhrul, sudah ada stasiun sebelum jalur layang kereta api itu dibangun. "Untuk Stasiun? Kualanamu kan sudah selesai. Kita enggak ada pekerjaan di situ," tuturnya.

Bantalan rel kereta api

Kereta Layang Medan Beroperasi Akhir 2018

Pembangunan fisik sudah selesai 94 persen.

img_title
VIVA.co.id
17 April 2018