Fadli Zon Nilai Sel Terpidana Harus Lebih Manusiawi

Wakil Ketua DPR Fadli Zon.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Lilis Khalis

VIVA - Wakil Ketua DPR, Fadli Zon, menanggapi 'sel mewah' yang dihuni mantan Ketua DPR, Setya Novanto. Menurutnya, sel terpidana memang harus diperbaiki agar lebih manusiawi.

Mardani Maming Tak Diborgol Saat di Bandara Banjarmasin, Ini Kata Kalapas Sukamiskin

"Kalau menurut saya selnya harus diperbaiki biar lebih manusiawi. Justru yang jelek-jelek itu harus ditambahin," kata Fadli di gedung DPR, Jakarta, Senin, 17 September 2018.

Ia mencontohkan kalau masih ada kloset jongkok maka diubah menjadi kloset duduk. Sebab, di negara-negara maju demokrasinya, kondisi sel sudah manusiawi.

Kalapas Sukamiskin: Mardani Maming Hadiri Sidang PK di PN Banjarmasin, Kini Sudah Kembali ke Sel

"Kan kita bukan naruh orang di situ untuk membunuh orang itu. Harus juga diperiksa kesehatannya, udaranya, cahayanya, gitu," kata Fadli.

Soal sel mewah Novanto, ia menyebut sel jenis tersebut berjumlah 40 buah. Sehingga ada 40 orang yang menghuni sel tersebut.

Setya Novanto Acungkan 2 Jari Saat Nyoblos di Lapas Sukamiskin

"Kan ada 40. Berarti ada 40 orang yang istimewa? Dari dulu begitu kan selnya," kata Fadli.

Publik kembali dihebohkan oleh temuan dari Ombudsman RI. Anggota Ombudsman dalam sidaknya di Lapas Sukamiskin, menemukan dugaan maladministrasi terkait kamar dan fasilitas yang diterima Setya Novanto di Lapas 'koruptor' Sukamiskin.

Berbeda dengan napi pada umumnya, kamar Novanto dikatakannya lebih luas dan dilengkapi juga dengan toilet duduk, kasur, selimut, meja dan rak buku.

Padahal, belum lama ini tim KPK berhasil membongkar dugaan suap fasilitas mewah di Lapas Sukamiskin yang akhirnya menangkap Kalapas Sukamiskin Wahid Husein dan tiga tersangka lainnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya