Putusan MA Bekas Koruptor Boleh Nyaleg Ciderai Demokrasi

Pengamat Politik LIPI Siti Zuhro (mengenakan hijab)
Sumber :

VIVA – Pengamat Politik LIPI, Siti Zuhro menyesalkan adanya putusan Mahkamah Agung (MA) yang menganulir Peraturan KPU nomor 20 tahun 2018 tentang Pencalonan Anggota DPR RI, DPRD Provinsi, dan DPRD Kabupaten/Kota, terkait dengan ketentuan mantan terpidana kasus korupsi tidak dapat mencalonkan diri sebagai calon anggota legislatif pada Pemilu 2019 mendatang. 

KPU: Caleg Terpilih Harus Mundur Jika Maju Pilkada 2024

Menurut Siti, keputusan MA itu telah membuat kecewa masyarakat yang menginginkan ajang pesta demokrasi atau pemilu 2019 sebagai momentum untuk mendapatkan wakil rakyat yang bersih dari tindak kejahatan korupsi.

"Ini mencederai demokrasi. Bahwa keputusan MA ini seolah-olah menjadi payung hukum yang tidak berempati terhadap nasib Indonesia yang sudah menghadapi bencana korupsi," kata Siti di kantor KPU RI, Jakarta Pusat, Senin, 17 September 2018.

KPU Tetapkan Dua Caleg PDIP dari Dapil Jakarta 10 Melenggang ke DPRD DKI

Ia menambahkan, Peraturan KPU RI yang melarang mantan terpidana kasus korupsi mencalonkan diri sebagai caleg pada pemilu 2019 sejatinya merupakan salah satu upaya untuk memotong mata rantai korupsi di pemerintahan. Sehingga, lanjut Siti, seharusnya MA memiliki kesadaran yang sama dengan penyelenggara pemilu dengan cara tidak mengabulkan gugatan sejumlah caleg yang merasa keberatan dengan PKPU RI nomor 20 tahun 2018 itu.

"Bencana korupsi ini kan harus diputus mata rantainya. Mata rantainya yaa dari caleg-caleg itu, begitu juga dengan pencalonan pilkada, dan tentu pencalonan di pilpres nanti juga harus demikian. Itu adalah salah satu tes integritasnya, sehingga masyarakat tahu calon pemimpin ini layak, patut atau tidak menjadi panutan," ujarnya.

Diduga Ada Penggelembungan Suara, Caleg Golkar Sarim Saefudin Cari Keadilan

Siti mendesak agar ketentuan larangan mencalonkan diri sebagai anggota legislatif bagi mantan terpidana korupsi, pelaku kejahatan seksual pada anak, dan bandar narkoba masuk ke dalam undang-undang pemilu. Dengan demikian ketentuan tersebut akan memiliki kekuatan hukum yang tidak dapat diperdebatkan kembali.

"Jadi peraturan itu harus harus jelas, tegas, eksplisit, lugas," kata Siti.

Penulis novel Negeri Para Bedebah, Tere Liye

Heboh Loker PT KAI Dianggap Sulit, Tere Liye: Kalau Mau Gampang Daftar Jadi Caleg DPR

PT KAI membuka lowongan kerja Management Trainee dengan kualifikasi S1, IPK minim 3,5, dan skor TOEFL 500. Syarat ini tuai pro dan kontra di medsos hingga dianggap sulit.

img_title
VIVA.co.id
22 April 2024