Cangkrukan, Cara 'Lembut' Kapolda Jatim Rangkul Mahasiswa

Cangkrukan Kapolda Jatim dan Forkopimpda bersama mahasiswa
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Nur Faishal (Surabaya)

VIVA – Kepala Kepolisian Daerah Jawa Timur, Inspektur Jenderal Polisi Luki Hermawan mengajak seratusan mahasiswa dan pemuda cangkrukan, di rumah dinasnya Jalan Bengawan Surabaya, Jawa Timur, Selasa malam, 18 September 2018. Hal itu menjadi cara Kepolisian meredam dan mencegah dini kegaduhan di Jatim menjelang Pemilu 2019.  

Irjen Fadil Pamitan ke Kodam V/Brawijaya: Terima Kasih TNI

Selain Kapolda, hadir pula Panglima Komando Daerah Militer V Brawijaya Mayor Jenderal TNI Arif Rahman, serta Wakil Kepala Polda Jatim Brigadir Jenderal Polisi Muhammad Iqbal. Dihibur musik, acara dikemas santai dan sederhana dengan tajuk "Cangkrukan Kamtibmas Kapolda dan Forkopomda Jatim dengan Badan Eksekutif Mahasiswa se Jatim."

"Tahun politik ini banyak berita hoax yang kebenarannya belum pas tapi sudah dikabarkan. Saya berharap para mahasiswa dan pemuda sebagai kepanjangan tangan orang terpelajar, bisa meredam isu-isu berkembang seperti itu karena memang situasi ke depan betul-betul butuh perhatian khusus," ujar Kapolda Luki. 

Beda Kapolda Jatim dan Prabowo Hadapi Anak Buah yang Tertidur

Mantan Wakil Kepala Badan Intelkam Mabes Polri itu menambahkan, di tahun-tahun politik seperti sekarang ini, banyak pihak dan kelompok yang menginginkan perpecahan, baik di kalangan umat Islam juga lingkungan mahasiswa. Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Jatim tidak menginginkan itu terjadi. 

Cangkrukan Kapolda Jatim dan Forkopimpda bersama mahasiswa

Rektor Pakuan: Klaim Menang Pilpres 2019 Agar Disikapi Hati-hati

Prinsipnya, lanjut jenderal yang disebut-sebut keturunan Sunan Muria itu, Polri bukan melarang mahasiswa dan masyarakat menyampaikan aspirasi melalui aksi seperti demonstrasi. "Tapi ada aturan yang harus dilalui. Prinsipnya, kami ajak mahasiswa di Jatim untuk bisa ciptakan suasana pesta demokrasi tidak tegang. Buat suasana bahwa pesta demokrasi kondusif dan gembira," kata Luki. 

Pada kesempatan itu, Kapolda Jatim dan Pangdam Brawijaya membuka dialog langsung dengan mahasiswa. Di sela-sela dialog, lagu diputar oleh pemain musik di atas panggung kecil. Beberapa mahasiswa tampil ke depan dan menyumbangkan lagu. Begitu pula dengan Pangdam V Brawijaya, menyumbangkan lagu milik God Bless berjudul "Rumah Kita". 

Kepala Polda Jawa Timur Inspektur Jenderal Polisi Nico Afinta menemui Ketua NU setempat, Marzuki Mustamar di Pesantren Sabillulrosyad, Kota Malang, Jumat, 27 November 2020.

Kapolda Baru Jatim Ingin Hubungan dengan NU Terus Harmonis

Nico Afinta menjadi Kepala Polda Jatim menggantikan Fadil Imran yang dipindahkan untuk menjabat Kapolda Metro Jaya.

img_title
VIVA.co.id
27 November 2020