Website Pendaftaran 238 Ribu CPNS Baru Bisa Dibuka Hari Ini

Suasana tes penerimaan CPNS beberapa waktu silam.
Sumber :
  • Arif Kurniawan | Surabaya Post

VIVA – Badan Kepegawaian Negara (BKN) memastikan portal Sistem Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) yaitu SSCN (http://sscn.bkn.go.id) sudah bisa diakses hari ini. Situs tersebut memfasilitasi pendaftaran seleksi CPNS 2018.

BKN Ingatkan ASN Tak Boleh Menolak Dipindahkan ke IKN

Namun, situs tersebut belum membuka pendaftaran CPNS sesuai dengan jadwal awal yang diinformasikan. Kapan pelamar bisa melakukan pendaftaran? 

“Jadwal waktu pendaftaran akan segera disampaikan kepada publik setelah BKN menerima data formasi lengkap dari Kementerian/Lembaga/Pemerintah Daerah yang membuka rekrutmen CPNS,” kata Ridwan dikutip Rabu 19 September 2018 dari keterangan resminya. 

Ratusan Ribu Ribu PNS Sudah Ikuti Uji Kompetensi dari BKN untuk Siap Pindah ke IKN

Hari ini lanjut Ridwan, pelamar dipersilakan mendalami informasi mengenai syarat dan formasi jabatan yang sudah tertera di laman SSCN. Sehingga ketika pendaftaran dibuka, syarat-syarat tersebut sudah bisa dipenuhi. 

Seperti diketahui, Pemerintah membuka lowongan 238.015 formasi CPNS untuk penerimaan Tahun Anggaran 2019. Ke-238.015 formasi itu terdiri atas 51.271 formasi untuk Instansi Pusat, dan sisanya sebanyak 186.744 formasi untuk  Instansi Daerah.

Menpan-RB Janji Angkat 2,3 Juta Tenaga Honorer: Tes Hanya Formalitas

Sesuai Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 36 Tahun 2018, setiap pelamar hanya dapat mendaftar pada 1 (satu) Instansi Pemerintah dan 1 (satu) formasi jabatan.

Adapun materi seleksi terdiri dari dua tahap yaitu seleksi administratif dan seleksi kemampuan dasar (SKD) dan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) bagi yang dinyatakan lulus SKD. Sementara itu SKD sendiri meliputi tes wawasan kebangsaan (TWK), tes inteligensia umum (TIU), dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP). 

IKN Nusantara.

BKN: ASN Tak Boleh Menolak Dipindahkan ke IKN

Para ASN tersebut sudah membuat pernyataan dan perjanjian tentang kesiapan untuk ditugaskan di mana saja.

img_title
VIVA.co.id
19 Maret 2024