Jelang Pemilu, Kepolisian Waspadai Ancaman Kelompok Ali Kalora

Kepala Kepolisian Resort Poso AKBP Bogiek Sugiyarto
Sumber :
  • Firman/VIVA.co.id

VIVA – Pihak Kepolisian Resort Poso, Sulawesi Tengah tetap mewaspadai potensi gangguan keamanan yang ditimbulkan oleh kelompok teroris jelang pemilu 2019. Sisa kelompok teroris Santoso yang kini disebut dipimpin oleh Ali Kalora itu, masih berjumlah setidaknya tujuh orang. Mereka bersembunyi di hutan pegunungan Poso.

Aiman Senang Kasus Soal Aparat Tak Netral Disetop, HP Diambil ke Polda Metro

Kepala Kepolisian Resort Poso AKBP Bogiek Sugiyarto mengatakan kelompok teroris pimpinan Ali Kalora tetap menjadi ancaman yang di waspadai Polri. Dikatakannya pihak aparat Keamanan masih tetap melakukan penyekatan dan sekaligus pengejaran terhadap keberadaan kelompok itu.

"Untuk kelompok Ali Kalora yang masih berada di wilayah pegunungan Poso Pesisir utamanya, tetap kita laksanakan pengejaran, nah potensi inilah yang harus kita cegah agar jangan sampai menganggu jalannya rangkaian kegiatan pesta demokrasi ini," ujarnya Rabu 19 September 2018.

400 Personel Kepolisian Disiagakan Jaga Keamanan Sidang Perdana Sengketa Pilpres di MK Besok

Di tahun 2015 silam, kelompok yang dipimpin oleh Santoso itu sempat berjumlah lebih dari 40 orang sebelum sebagian besar di antaranya ditangkap dalam kondisi hidup dan mati dalam operasi Tinombala. Operasi gabungan yang turut melibatkan satuan-satuan elit dari TNI-POLRI itu melibatkan setidaknya 3.000 personel.

Meskipun terus diperpanjang hingga 2018 ini, operasi yang kini menjadi operasi kewilayahan Polda Sulawesi Tengah itu belum sepenuhnya menuntaskan sisa dari kelompok itu. Untuk pengamanan seluruh tahapan Pemilu 2019 di Poso melibatkan 1.200 personel gabungan TNI-POLRI yang ada di Poso.

130 Polisi Disiagakan di Dalam Gedung MK Selama Sidang Sengketa Pemilu

"Tentunya sekarang masih dikejar dan masih diadakan penyekatan-penyekatan di daerah-daerah tertentu," tambahnya.

Laporan Firman/Poso

Anggota Polisi bagikan Takjil

Polisi Bagi Takjil Gratis Tapi Tak Ada Pengendara Melintas, Netizen: Anda Berkumpul, Kami Putar Arah

Menurut keterangan yang didapat dari akun Instagram, bahwa tak ada satupun pengendara yang melintas ke arahnya untuk mengambil takjil yang sudah disiapkan anggota polisi.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024