Alex Noerdin Pamit Mundur dari Gubernur Sumsel, Tuai Pujian Mendagri

Alex Noerdin resmi mundur dari jabatannya sebagai Gubernur Sumatera Selatan.
Sumber :
  • VIVA/Sadam Maulana

VIVA – Alex Noerdin resmi mengakhiri jabatannya sebagai Gubernur Sumatera Selatan. Dia diganti oleh Hadi Prabowo mulai hari ini, Jumat 21 September 2018.

Cara Mahasiswa-Milenial Sumsel Dukung Ganjar Jadi Presiden 2024

Berakhirnya 10 tahun masa jabatan Alex sebagai gubernur bukan berarti pensiun pula dari gelanggang politik. Justru dia kini mencalonkan diri sebagai anggota DPR untuk Pemilu 2019. Pada hari yang sama Ishak Mekki juga tidak lagi menjabat sebagai wakil gubernur Sumatera Selatan. Dia pun membidik Senayan.

Keduanya diketahui mencalonkan diri sebagai anggota DPR sehingga mengakhiri masa jabatan di Sumsel lebih cepat. Proses serah terima jabatan berlangsung di Griya Agung Palembang. Pelantikan dipimpin Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo.

Angin Puting Beliung Terjang Musi Rawas Utara, 58 Rumah Rusak

Tjahjo mengakui, selama kepemimpinan Alex, Sumatera Selatan merupakan salah satu provinsi yang mengalami percepatan pembangunan cukup cepat, terutama masalah infrastruktur dan sosial.

Alex juga dianggap mampu mengamankan program pembangunan pemerintah pusat, dengan perencanaan, penganggaran dan pembangunan yang dibuktikan berupa kesuksesan.

Pengedar Yang Ditangkap di Sumsel Kaki Tangan Bandar Besar

"Pak Alex dan Pak Ishak selama lima tahun ini menjalankan jabatan dengan baik. Pencapaian di Sumatera Selatan sangat luar biasa, dan mampu melakukan percepatan pembangunan," kata Tjahjo.

Menurut Tjahjo, pembangunan Provinsi Sumatera Selatan dianggap berhasil karena mampu meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan menekan angka  pengangguran. Di bawah kepemimpinan Alex juga mampu melakukan penyerapan anggaran dengan efektif.

"Pak Alex sudah cukup panjang, pernah dua kali bupati dan dua kali gubernur. Mudah-mudahan prestasi pembangunan Sumatera Selatan dapat terus dilanjutkan gubernur yang baru hasil Pilkada Serentak," ujarnya.

Penunjukan Hadi Prabowo tertuang dalam Keputusan Presiden RI Nomor 130/P Tahun 2018 tentang Pemberhentian dengan Hormat Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Selatan masa jabatan 2013-2018 dan Pengangkatan Penjabat Gubernur Sumatera Selatan. Hadi sendiri merupakan sekretaris jenderal di Kementerian Dalam Negeri.

Alex Noerdin mengklaim banyak yang sudah dicapai selama lima tahun terakhir pemerintahannya di Sumatera Selatan. Bahkan, di penghujung jabatan ada Asian Games 2018, yang telah berlangsung sukses dan lancar, serta mendapat banyak pujian dari berbagai pihak.

"Saya sampaikan, bersama Bapak Ishak di sini dalam empat tahun terakhir Sumatera Selatan mendapatkan 144 penghargaan baik dari Presiden, kementerian dan lembaga negara, media dan lainnya," ungkap Alex.

"Saya harapkan seluruh SKPD mendukung penuh penjabat gubernur, dan selanjutnya nanti mendukung gubernur yang baru," ujarnya. (ren)
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya