Resahkan Masyarakat, Kapten Begal Tewas Ditembak Polisi

Begal tewas ditembak di Kota Makassar, Sulsel
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Yasir (Makassar)

VIVA – Kepolisian Resort Kota Besar Makassar berhasil melumpuhkan Kemal (25 tahun), pelaku aksi begal di Kota Makassar, Jumat, 21 September 2018. Kemal diduga merupakan kapten begal yang kerap meresahkan masyarakat di kota itu.

Tembak Warga Diduga Mabuk, Seorang Polisi Diamankan Propam

Penangkapan ini bermula ketika Tim Jatanras Polrestabes Makassar melakukan patroli di wilayah Kota Makassar. Saat itu, polisi berpapasan dengan Kemal di depan Pos Lantas Jalan Ratulangi. Polisi melakukan pengejaran hingga berhasil menangkap pelaku di Jalan Pelita. 

Namun, pelaku memberikan perlawanan dengan menebas leher seorang anggota Tim Jatanras, Bripda Yus yang berujung luka bagian tangan dan leher sebelah kiri. Polisi terpaksa mengeluarkan tembakan sebanyak dua kali ke dada pelaku. Tersangka yang terkena tembakan di bagian dada kirinya itu langsung tewas.

Demo di Makassar, Gabungan Ormas Islam Tuntut Menag Yaqut Dicopot

“Karena mengancam keselamatan petugas dan masyarakat sekitar sehingga dengan terpaksa petugas mengambil tindakan tegas terukur dengan tembakan ke arah dada sebanyak dua kali mengenai dada kiri tersangka," kata Kasat Reskrim Polrestabes Makassar Komisaris Polisi Wirdhanto Hadicaksono.

Wirdhanto melanjutkan, aksi begal yang dilakukan Kemal dan kelompoknya selama ini telah banyak meresahkan masyarakat. Aksi pencurian dan kekerasan yang mereka lakukan tergolong sadis. 
Bersama kelompoknya, Kemal mengambil barang milik korbannya menggunakan senjata tajam di sejumlah tempat di Kota Anging Mammiri ini. Mulai dari Jalan Urip Sumaharjo, Jalan Pacerekang, Jalan Cendrawasih, Jalan Kelinci serta Jalan Pengayoman.

Berhari-hari Diguyur Hujan, Makassar Kebanjiran

Sementara itu, Wali Kota Makassar Moh Ramdhan 'Danny' Pomanto memberikan apresiasi kepada polisi atas penangkapan ini. Menurut Danny, Pemkot Makassar akan terus memberikan dukungan terhadap penegakan hukum yang tegas, khususnya menyangkut keamanan langsung masyarakat.

“Saya harus mendukung kepada pihak kepolisian terkhususnya korban (Bripda Yuz), beliau merupakan pahlawan masyarakat karena membela masyarakat," ujar Danny.
 

Polisi merilis pelaku begal.

Komplotan Begal Sadis di Bogor Ditangkap, 3 Pelaku Masih Pelajar

Komplotan begal ini sudah beraksi beberapa kali. Mereka saat beraksi mengancam korban dengan senjata tajam.

img_title
VIVA.co.id
14 Maret 2022