Pakaian Baduy Dalam Jadi Simbol Kampanye Damai di Banten 

Pakaian Baduy Dalam Jadi Simbol Kampanye Damai di Banten 
Sumber :
  • VIVA/Yandi Deslatama

VIVA – Mengenakan ikat kepala warna putih, pakaian serba putih hingga tas rajutan asli Suku Baduy Dalam, seluruh personil Komisi Pemilihan Umum Banten, mendeklarasikan kampanye damai Pemilu 2019.

Mahfud MD: Keputusan Sudah Ada, Negara Harus Terus Jalan

Deklarasi damai Pemilu 2019 itu pun, diikuti oleh seluruh partai dan calon anggota legislatif (caleg) peserta Pemilu 2019 di Museum Nagari Banten.

"Mulai 23 September 2018 sampai 19 April 2019, sudah memasuki tahapan kampanye, semoga bisa terus bergulir aman dan lancar," kata Ketua KPU Banten, Wahyu Furqon di lokasi deklarasi kampanye damai, Minggu 23 September 2018.

M Taufik Bantah Pendukung Prabowo-Sandi Ikut Serta dalam Aksi 22 Mei

Dipilihnya pakaian Suku Baduy Dalam dan berlokasi di Museum Nagari Banten, sebagai simbol bahwa masyarakat Banten mampu menjalani pemilu dengan damai.

Di dalam Museum Nagari Banten sendiri, terdapat benda bersejarah peninggalan seputaran Banten.

Sikapi Pemilu 2019, Hayono Isman: Indonesia Dibangun atas SARA

Di halaman gedung bersejarah peninggalan Belanda ini, seluruh partai politik (parpol), ketua timses pasangan calon presiden, dan wakil presiden hingga calon anggota legislatif (caleg), bersepakat untuk menjaga kedamaian Pemilu 2019.

"Seluruh calon harus komitmen untuk tidak melakukan politik SARA, politik uang, dan pelanggaran lainnya yang bisa merusak pemilu," ucapnya.

Timses dan para parpol harus bisa memanfaatkan waktu sebaik mungkin, untuk mensosialisasikan visi misinya ke masyarakat luas, tanpa saling menebar fitnah.

Para Aparatur Sipil Negara (ASN), TNI, dan Polri aktif, untuk tidak terlibat dalam politik praktis dan menjaga netralitasnya.

"Kita yakin bahwa masyarakat Banten, mampu menjaga pemilu ini secara damai. Perbedaan pendapat itu biasa, tetapi bagaimana kita menjaga persatuan dan kesatuan," ujarnya.

Setidaknya, ada 28 calon anggota DPDRI asal Banten, yang akan memperebutkan empat kursi senator periode 2019-2024.

Lalu, terdapat 1.102 calon anggota legislatif (caleg) DPRD Provinsi Banten, yang akan memperebutkan 85 kursi. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya