Pelesiran ke Amerika, Zumi Zola Pakai Uang Gratifikasi

Terdakwa kasus suap dan gratifikasi terkait proyek-proyek di Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Provinsi Jambi Zumi Zola mengikuti sidang lanjutan di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Jakarta
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga

VIVA – Gubernur Jambi nonaktif, Zumi Zola, dikatakan telah mendapatkan uang saku senilai 30 ribu dolar AS atau sekitar Rp400 juta untuk perjalanannya ke Amerika. Uang tersebut berasal dari urunan para pengusaha yang telah, dan akan mendapat proyek dari Dinas PUPR Provinsi Jambi. 

Ngumpulin Emak-emak, Ibu Tiri Zumi Zola Dilaporkan ke Bawaslu Jambi

Dibeberkan mantan Plt Kadis PUPR Provinsi Jambi, Arfan, uang untuk Zumi Zola tersebut diserahkan kepada orang kepercayaan Zumi bernama Asrul Pandapotan Sihotang. Sebab sejak awal, permintaan uang itu disampaikan oleh Asrul kepada para pengusaha di Jambi. 

"Waktu Pak Gubernur mau ke Amerika, saya ngasih uang 30 ribu dolar AS, sekitar Rp400 juta ke Pak Asrul. Saat itu Pak Asrul bilang, 'Pak Arfan, kita enggak punya uang, tolong carikan uang untuk Pak Gubernur mau ke Amerika'," kata Arfan menirukan percakapannya dengan Asrul, saat jadi saksi dalam persidangan Zumi Zola di Pengadilan Tipikor Jakarta, Senin, 24 September 2018.

Ibu Tiri Zumi Zola Jadi Cawagub Jambi, Programnya Turun Lapangan

Atas sedikit jasanya itu, diakui Arfan, ia pun diangkat dari Kepala Bidang di Dinas PUPR, menjadi Plt Kadis PUPR di Jambi. Itu pun, tekan Arfan, berdasarkan rekomendasi Asrul. 

Sejak diangkat menjadi Plt Kadis, lanjut Arfan, dirinya diminta untuk mencarikan uang untuk Zumi. Dia pun mengaku beberapa kali menyanggupi permintaan itu. 

Diusung PDIP, Ibu Tiri Zumi Zola Maju di Pilkada Jambi jadi Cawagub

"Saya dapat uang dari pemborong-pemborong," kata Arfan. 

Dalam kasus ini, Zumi Zola didakwa Jaksa KPK, menerima gratifikasi senilai total Rp44 miliar dan menyuap anggota DPRD Jambi senilai Rp16,4 miliar.
 

Kiwil dan Meggy.

4 Perceraian Artis Terheboh di 2020, Nomor 3 Paling Gak Disangka

Banyak berita-berita dari dunia hiburan Tanah Air yang menghebohkan, salah satunya adalah berita terkait perceraian artis. 

img_title
VIVA.co.id
23 Desember 2020