4 Hektare Lebih Lahan Gambut di Kalteng Diduga Sengaja Dibakar

SIlustrasi Satgas kebakaran hutan memadamkan api di lahan Kalbar
Sumber :
  • Twitter Sutopo

VIVA – Kebakaran lahan gambut di Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah, kembali terjadi. Padahal, kebakaran ini sempat terhenti, lantaran hujan turun selama beberapa hari.

Tekan Deforestasi ke Titik Terendah, Begini Cara KLHK

Laporan tvOne, kepulan asap hitam yang muncul akibat kebakaran lahan gambut menghiasi beberapa di sudut langit Kota Sampit. Kencangnya hembusan angin, membuat lahan yang kering tersambar kobaran api.

Pihak Kepolisian masih mengusut penyebab kebakaran ini. Diduga, penyebab kebakaran lahan ini, karena unsur kesengajaan oleh oknum warga.

Menteri LHK Siti Nurbaya: Indonesia Sukses Tekan Deforestasi dan Karhutla

"Berdasarkan fakta dan bukti-bukti, diduga penyebab kebakaran merupakan unsur kesengajaan," kata Kabagops Polres Kotawaringin Timur, AKP Boni Ariefianto kepada wartawan, Rabu 26 September 2018.

Boni menjelaskan, untuk memadamkan kobaran api, petugas gabungan dari BPBD bersama TNI dan Polri, serta Manggala Agni sejauh ini masih terus berjuang. Tim berupaya, agar api tak merembet ke lahan lainnya di sekitar lokasi yang terbakar.

Penanganan Karhutla di Sumsel Efektif, Jumlah Hotspot Terus Berkurang

Adapun, dalam satu hari saat kebakaran sebelumnya terjadi empat lokasi berbeda. Sejauh ini, belum diketahui secara pasti berapa luasan total lahan yang terbakar.

Namun, diperkirakan bisa mencapai lebih 10 hektare. Sebab, salah satu lokasi yang terbakar mencapai empat hektare lebih.

Laporan: Didi Syachwani, dari Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya