Panglima TNI Pastikan Akan Netral di Pemilu 2019

Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A

VIVA – Panglima Marsekal TNI, Hadi Tjahjanto, meminta kepada para jajarannya untuk bersikap netral dalam menghadapi Pemilihan Presiden 2019. 

M Taufik Bantah Pendukung Prabowo-Sandi Ikut Serta dalam Aksi 22 Mei

"Dengan masuknya Pilpres 2019 saya meminta kepada para TNI untuk bersikap netral dalam menghadapi Pilpres 2019 nanti," ucap Hadi Tjahjanto di Gedung Balai Sudirman,Jakarta Selatan,  Rabu, 26 September 2018. 

Hadi juga menegaskan pihaknya tidak ingin adanya perpecahan diantara rakyat Indonesia. Ia pun mengatakan akan mengubah kesadaran masyarakat Indonesia bahwa pemilu adalah pesta demokrasi yang harus dilalui dengan damai. 
 
"Masuknya pilpres 2019 kami tidak ingin perpecahan ada di republik ini, upaya kami adalah dengan mengubah kesadaran bahwa pemilu adalah pesta demokrasi. Artinya rakyat harus bergembira menentukan yang terbaik melalui hati, tidak boleh ada hasutan perpecahan sesama anak bangsa," kata Hadi. 

Sikapi Pemilu 2019, Hayono Isman: Indonesia Dibangun atas SARA

Lebih lanjut, Hadi juga mengatakan bahwa pihaknya akan menjaga kestabilan nasional sejak sebelum pemilu, hingga pemilu selesai dilaksanakan. Maka dari itu Hadi tegaskan kepada para TNI untuk menolak politik praktis. 

"Tugas kami memastikan pelaksanaan pemilu dengan aman dan sukses. Kami akan bahu-membahu dengan komponen bangsa lainnya, menjaga stabilitas nasional selama, sebelum dan setelah pemilu. Oleh karena itu kami akan menolak politik praktis, kami akan menolak upaya-upaya yang mendorong kami tidak netral," tutup Hadi.

Pasukan TNI Ajak Buka Puasa Bersama Massa Pendemo
Mahfud MD saat menghadiri diskusi KAHMI Kota Malang di Hotel Savana. (Foto: Imadudin M/Times Indonesia)

Mahfud MD: Keputusan Sudah Ada, Negara Harus Terus Jalan

Sudah tidak perlu ada perdebatan tentang Joko Widodo-Ma'ruf Amin.

img_title
VIVA.co.id
30 Juni 2019