Sandiaga Uno Ungkap Krusialnya Pendidikan SMK di Masa Mendatang

Calon Wakil Presiden Sandiaga Uno.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Galih Pradipta

VIVA – Calon Wakil Presiden nomor urut 02, Sandiaga Salahuddin Uno belakangan ini terus memfokuskan diri pada isu pembangunan ekonomi bangsa. Untuk dapat membangun ekonomi bangsa, Sandiga berjanji akan berusaha meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) di Indonesia.

Sandiaga Khawatir Gelombang Ketiga Corona yang Lebih Dahysat

Salah satu cara yang akan dilakukannya adalah memberikan perhatian khusus pada Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Pendidikan SMK kata dia perlu semakin diperbanyak untuk menciptakan SDM yang memiliki keahlian dan mampu bersaing.

"Kita kan mendorong tentunya perhatian yang lebih banyak untuk technical vocational school yaitu sekolah kejuruan. Nah ini kita sudah mulai kemarin di DKI dan ini nanti di level nasional kita harapkan juga pendidikan yang berbasis skill yang tepat dibutuhkan oleh dunia usaha," kata Sandiaga di Bogor, Jawa Barat, Rabu 26 September 2018

Sandiaga Sarankan Khofifah-Risma 'Tidak Berpolitik' untuk Lawan Corona

Saat ini, pria yang akrab disapa Sandi itu menilai pendidikan di Indonesia dapat dikatakan cukup baik. Namun ke depannya, sistem pendidikan masih perlu ditingkatkan untuk menciptakan SDM yang tepat sesuai kebutuhan.

"Ya SDM kalau kita melihat ke depan bahwa untuk ke depan sendiri ada mix match antara sisi pendidikan kita dengan apa yang dibutuhkan oleh masyarakat dan dunia usaha," ujarnya menambahkan.

Sebar Lokasi CFD, Sandiaga Sebut Kebijakan Tepat

Sandi mengatakan, untuk dapat meningkatkan dan membangun ekonomi bangsa diperlukan pembukaan lapangan kerja yang seluas-luasnya. Selain itu lapangan kerja tersebut juga harus diisi oleh SDM yang mumpuni. Perhatian khusus kepada SMK diharapkan dapat menjadi solusi meningkatkan kualitas SDM.

"Kita harapkan juga pendidikan yang berbasis skill yang tepat dibutuhkan oleh dunia usaha dan masyarakat yang akan menjadi prioritas sistem pendidikan kita ke depan." (mus) 

Ilustrasi apel di sekolah

Catat Tahapan PPDB DKI Jakarta Melalui Jalur Prestasi Akademik

Dimulai dari 1 Juli 2020 hingga 3 Juli 2020.

img_title
VIVA.co.id
1 Juli 2020