Dirjen Kemendikbud: Pendidikan Dasar di 40 Kabupaten Belum Terpenuhi

Peluncuran Program PINTAR di Kemendikbud, Jakarta
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Adinda Purnama Rachmani

VIVA – Direktur Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia, Hamid Muhammad, mengatakan, terdapat dua tantangan yang harus dihadapi dalam pendidikan di Indonesia. 

Pentingnya Memberikan Pendidikan Moral dan Karakter Anak Sejak Dini

Tantangan pertama, menurut dia, adalah akses pendidikan. Kedua adalah kualitas pendidikan yang masih kurang dari standar mutu di Indonesia. 

Ia mengatakan, pendidikan dasar di 40 kabupaten di Indonesia juga belum terpenuhi. "Kami bisa menghitung 40 kabupaten yang akses pendidikan belum terpenuhi, umumnya ada di Indonesia timur. Nah, kalau pendidikan menengah harus diupayakan keras, agar wajib belajar 12 tahun bisa terpenuhi," ujar Hamid di Gedung Kemendikbud, Senayan, Jakarta Selatan, Jumat, 28 September 2018.

Alternatif Menanggulangi Kekerasan di Dunia Pendidikan

Menurut Hamid, pemerintah daerah juga harus ikut andil dalam memperhatikan kualitas pendidikan. Ia membeberkan sekolah yang harus diperhatikan mulai dari tingkat dasar, menengah hingga atas. 

"Kualitas pendidikan menjadi persoalan, bukan hanya dasar tapi sekolah menengah dan seterusnya. Dalam berbagai ukuran nasional atau internasional. Tetap kita wajib prihatin dalam kualitas pendidikan yang masih kurang dan masih belum mampu bersaing," ujarnya.  

Menciptakan Ruang Pendidikan Semakin Ramah, Aman dan Nyaman

Jika pemerintah daerah ikut andil dalam memperhatikan pendidikan di desa dan perbatasan, menurut Hamid, generasi penerus bangsa dapat mampu bersaing di kancah internasional.

Sumber : Pixabay.com

Merdeka Belajar dan Keterbaikan Masa Depan Bangsa

Pendidikan merupakan aspek inti yang kemudian juga menopang aspek lain dalam kehidupan seperti aspek sosial, ekonomi, politik, sampai agama,

img_title
VIVA.co.id
22 Maret 2024