Pendidikan Indonesia Belum Mampu Bersaing di Kancah Internasional

Siswa di sebuah sekolah dasar/Ilustrasi
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya

VIVA – Direktur Jemderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia Hamid Muhammad mengimbau kepada kepala daerah, untuk memperhatikan kualitas dan kuantitas pendidikan di daerah setempat. 

Mendidik Generasi Tangguh: Tips Dokter Aisah Dahlan Cegah Anak Terjerumus Liberalisme

Menurut Hamid, Pemerintah daerah sangat berperan penting dalam meningkatkan pendidikan di Indonesia. Ia juga mengatakan jika para siswa dan siswi di Indonesia masih belum mampu bersaing di kancah Internasional.

"Dalam berbagai ukuran nasional atau internasional. Tetap kita wajib prihatin dalam kualitas pendidikan kita yang masih kurang dan masih belum mampu bersaing di skala internasional. Kita harus berbuat sesuatu, sebab kalau tidak generasi kita tidak akan bisa mencapai dan tidak dapat berkompetisi dengan negara lain," ucap Hamid Muhammad di Gedung Kemendikbud, Jakarta Selatan, Jumat, 28 September 2018.

Bingung Pilih Sekolah untuk Anak? Ini 5 Tipsnya

Hamid berharap jika pemerintah daerah segera memberikan perhatian lebih kepada siswa sekolah dasar hingga menengah atas. Ia juga mengatakan bukan hanya kualitas pelajaran saja yang harus diperhatikan, tetapi kualitas dari guru yang mengajar juga harus diperhatikan. 

Agar nantinya para murid mampu bersaing secara global di masa yang akan datang.

Mengintip Profil Galih Sulistyaningra, Guru SD Lulusan University College London

"Kalau pengukuran internasional kita tahu di mana posisi kita. Maka dari itu kita harus memiliki perubahan, perubahan yang formal. Bukan dari segi pelajaran saja yang berkualitas tapi guru juga harus berkualitas," tutup Hamid.

Arie Untung dan Fenita Arie.

Heboh Uang Jajan Anak Artis, Arie Untung dan Fenita Arie Terapkan Kesederhanaan

Menurut Fenita Arie, pendidikan tentang keuangan sangat penting untuk ditanamkan sejak dini. Hal ini agar anak dapat terbiasa hidup mandiri dan tidak bergantung orang tua

img_title
VIVA.co.id
22 Maret 2024