Penampakan F-16 'Mengintai' Pawai HUT TNI di Langit Pekanbaru

Jet tempur F-16 di sisi kiri Pesawat Boeing 737 TNI AU
Sumber :
  • Dedy Priatmojo

VIVA – Perjalanan pawai bendera HUT TNI ke-73 dengan pesawat Boeing 737 TNI Angkatan Udara dikejutkan dengan penampakan dua pesawat tempur F-16 di atas langit Pekanbaru, Sabtu, 29 September 2018. Dua jet tempur itu terbang masing-masing di sisi kanan dan kiri lambung pesawat Boeing.

Aksi Nekat Prajurit TNI AD Terjun ke Laut Demi Selamatkan Nyawa Manaf

Kehadiran dua jet tempur andalan TNI AU itu bukan termasuk simulasi perang, tapi merupakan bagian dari pengawalan terhadap pesawat yang ditumpangi tim pawai bendera ke beberapa daerah, termasuk diantaranya di Pekanbaru.

Pengerahan jet tempur TNI AU untuk mengawal pawai bendera, memang bukan hanya di Pekanbaru. Dalam perjalanan ke beberapa kota yang disinggahi tim pawai bendera, jet tempur TNI AU juga akan turut mengawal, seperti saat akan mendarat di Yogyakarta (Minggu, 30 September 2018) dan Makassar (Selasa, 2 Oktober 2018).

Innalillahi, Prajurit TNI Terbaik Kodam Siliwangi Meninggal Dunia

Panglima Kodam Sultan Iskandar Muda Mayjen TNI Teguh Arief Indratmoko usai menerima pawai bendera di Lapangan Blang Padang, Banda Aceh, Jumat kemarin, membenarkan keterlibatan pesawat tempur F-16 dalam misi pengawalan pesawat Boeing 737 yang membawa pawai bendera hingga ke Merauke.

"Rencana memang juga ada pengawalan demikian, namun nanti kami cek ulang. Karena kemarin sudah ada penegasan demikian," kata Pangdam IM Mayjen TNI Teguh Arief Indratmoko.

Peristiwa Haru di Aceh, Letnan Samsul Yadi Tinggalkan TNI

Sementara di Pekanbaru, desingan jet tempur F-16 itu sukses memukau arak-arakan pawai bendera di Kota Pekanbaru di akhir pekan ini. Iring-iringan pawai juga disambut antusias masyarakat Pekanbaru dari berbagai kalangan. Mereka membuat pagar betis di sepanjang Jalan Gajah Mada dan jalur-jalur lain yang dilintasi pawai.

Sebelumnya, setibanya rombongan di Lanud Roesmin Nurjadin, Pekanbaru, pawai diarak keliling kota dan disambut meriah di kediaman Gubernur Riau. Tim pembawa bendera yang merupakan atlet berprestasi Asian Games lalu dari TNI, diterima Plt Gubernur Riau, Danrem 031/Wira Bima, Kapolda Riau dan beberapa pejabat di lingkungan Pemprov Riau.

VIVA Militer: Mayor Inf Tinton.

Jadi Komandan Pasukan Elite, Mayor Kostrad TNI Jalan Kaki 5 Kilometer

Dia jalan kaki di tengah lalu lalang kendaraan.

img_title
VIVA.co.id
10 Maret 2022