Mendagri Tjahjo Kumolo Buka Kantor Darurat di Sulawesi Tengah

Sejumlah kerusakan akibat gempa dan tsunami di Palu, Sulawesi Tengah, Sabtu, 29 September 2018.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/BNPB

VIVA – Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo mengabarkan bahwa tim dari Kementeriannya akan berkantor di Sulawesi Tengah mulai minggu depan. Hal itu dilakukan untuk mendampingi Pemda setempat membantu para korban gempa dan tsunami di Kota Palu, Donggala dan sekitarnya. 

"Minggu depan tim pemerintahan Kemendagri terdiri dari Dukcapil, Keuangan Daerah, Otda, Satpol PP dan lain-lain akan buka posko pemerintahan sebagai pendampingan di Pemda Sulteng dan Palu, serta lihat sikon baru ke Sigi dan Donggala," kata Tjahjo kepada wartawan melalui pesan singkatnya, Minggu 30 September 2018. 

Demo Tolak Pemekaran Ricuh, Sejumlah Mahasiswa Papua Ditangkap

Selain membuka posko, kata Tjahjo, pihaknya pun akan membawa bantuan makanan dan minuman untuk para korban dan tim pemerintahan yang bekerja di posko itu. 

"Untuk bantu Pemda setempat yang sedang berduka, agar prinsip pemerintahan dan pelayanan masyarakat tetap berjalan. Tim Kemendagri akan mandiri bawa tenda dan keperluannya, serta membawa bantuan makanan dan minuman," imbuh mantan anggota DPR itu. 

Untuk diketahui akibat gempa dan Tsunami yang terjadi di daerah Palu, Donggala, dan sekitarnya, pada Jumat lalu, tercatat sudah 832 orang meninggal dunia, lebih dari 500 orang luka-luka, dan ribuan warga mengungsi. (ren)

Pembangunan hunian tetap (huntap) yang dibangun Kementerian PUPR.

Kebut Pembangunan Pasca Gempa-Tsunami di Sulteng, Lebih 5 Ribu Huntap Disiapkan

Hunian tetap atau huntap salah satu upaya pemulihan kerusakan infrastruktur pascabencana gempa bumi dan tsunami, di Sulawesi Tengah pada 28 September 2018 lalu.

img_title
VIVA.co.id
26 Maret 2023