Gempa 4,4 SR Guncang Blitar dan Malang Selatan

Gempa guncang Blitar, dan Malang, Jawa Timur, Senin, 1 Oktober 2018.
Sumber :
  • BMKG.

VIVA - Sebagian wilayah Blitar, Jawa Timur, diguncang gempa bumi tektonik pada Senin, 1 Oktober 2018, pukul 05.46.06 WIB. Analisis BMKG menunjukkan bahwa gempa bumi berkekuatan magnitudo 4,4 dengan pusat pada koordinat 8.95 LS – 111.94 BT, tepatnya di laut pada jarak 97 km Barat Daya, Kabupaten Blitar, Jawa Timur, pada kedalaman 10 km.

Top Trending: Arti Gempa Bulan Ramadhan Menurut Primbon Jawa, Jayabaya Ramalkan Pulau Jawa Ini

"Gempa ini tidak berpotensi tsunami," kata Kepala Stasiun Geofisika Yogyakarta, I Nyoman Sukanta, dalam keterangan resminya.

Sukanta menyampaikan peta tingkat guncangan shake map BMKG menunjukkan, dampak gempabumi menimbulkan guncangan pada II Skala Intensitas Gempabumi (SIG) BMKG atau II-III MMI di sebagian wilayah Blitar, Gondanglegi dan Ngliyep (Malang) Jawa Timur.

Baru Terjadi, Ini Arti Gempa di Bulan Ramadhan Menurut Primbon Jawa

Menurut laporan yang diterima Stasiun Geofisika Yogyakarta bahwa di daerah tersebut guncangan gempabumi dirasakan oleh beberapa orang di Wilayah Blitar, Gondanglegi dan Ngliyep (Malang) hingga saat ini belum ada laporan lebih lanjut mengenai dampak gempa bumi.

"Jika ditinjau dari lokasi pusat gempanya, gempa bumi tersebut berada di laut yang diakibatkan oleh aktivitas patahan di dasar laut," kata dia.

Penjelasan Pakar Geologi soal Gempa Tuban yang Guncang Jawa Timur

Hingga analisis ini dibuat, lanjut Sukanta, tidak tercatat gempa bumi susulan. Kepada warga di Blitar dan sekitarnya, dia mengimbau agar tetap tenang.

"Jangan mudah terpancing dengan isu-isu yang menyesatkan. Konfirmasi infonya kepada BMKG terdekat," tuturnya.

Ilustrasi - Seismograf mencatat getaran gempa.

Gunung Kidul Yogyakarta Diguncang Gempa, Getaran Terasa hingga Pacitan

Dari update BMKG, guncangan gempa magnitudo 5,0 berpusat di Laut 153 kilometer Barat Daya Gunung Kidul.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024