Wilayah Jawa Tengah Selatan Rawan Tsunami

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo
Sumber :
  • VIVA/Dwi Royanto

VIVA – Wilayah Jawa Tengah bagian Selatan, menjadi daerah yang rawan bencana gempa bumi dan tsunami.

Wisatawan di Kota Semarang Capai 350 Ribu Orang Saat Libur Lebaran, Kota Lama Terbanyak Dikunjungi

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo memerintahkan jajarannya untuk rutin mengecek sistem peringatan dini atau EWS, atau alat deteksi dini tsunami bisa berfungsi dengan baik.

"Pengecekan EWS ini rutin kita lakukan, tetapi sekali-kali ada orang yang ngambil, ya kita tindak, tapi sekarang sudah bagus," kata Ganjar di kantornya, Kamis 4 Oktober 2018. 

TPP ASN Pemkot Semarang Akan Dipotong 15 Persen per Hari jika Bolos Usai Lebaran

Gubernur mengakui, Jateng memang menjadi provinsi yang rawan bencana, baik kekeringan, banjir, kebakaran, letusan gunung hingga gempa dan tsunami. Karenanya, upaya antisipasi bencana hingga sosialisasi ke masyarakat terus digencarkan sejak awal. 

"Dulu, setelah bencana besar tsunami Aceh, kita menyiapkan diri. Maka, terakhir kita yang kena tsunami Cilacap dan Kebumen. Sekarang, di sana kita pasang sistem peringatan dini," katanya.

One Way Arus Balik Tol Kalikangkung, Pemudik Diimbau Kooperatif Ikuti Arahan Petugas

Meski begitu, diakui Ganjar, upaya menjaga EWS di wilayah rawan gempa dan tsunami tidak mudah. Banyak EWS yang dipasang kerap hilang, karena ulah masyarakat. Karenanya, ia mengajak agar warganya bisa menjaga dengan baik EWS sebagai bagian dari mitigasi bencana.

"Maka, saya bilang jangan (diambil). Tsunami itu ngeri, biarlah kita jaga bareng-bareng EWS ini, " ujarnya.

Dalam waktu dekat, mantan anggota DPR itu pun menyebut bahwa dirinya akan belajar langsung ke Jepang, terkait mitigasi bencana. Menurutnya, negara tersebut telah terbukti memiliki mitigasi bencana yang baik, serta pembangunan yang aman.

"Saya lagi nyusun RPJMD dan kita minta para pakar himpunan ahli geofisika, agar dikasih ilmu yang cukup, agar kita bisa merencanakan pembangunan yang aman," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya