Ombak Sampai 3 Meter, Hati-hati Nelayan dan Wisatawan Pantai Selatan

Ilustrasi gelombang tinggi Pantai Selatan
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Hafidz Mubarok

VIVA – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika mengimbau para nelayan yang beraktivitas di pesisir selatan Jawa Tengah untuk waspada ombak tinggi. Ombak tinggi itu dipengaruhi oleh perubahan tekanan udara akibat dampak badai tropis yang muncul dari pasifik timur raya Filipina. 

Sembilan Daerah Siaga dan Waspada Cuaca Ekstrem, Menurut BMKG

Analis Cuaca dari Stasiun Maritim Kelas II BMKG Kota Semarang, Shafira Fani Fadhila, mengungkapkan, peringatan risiko tinggi bagi aktivitas pelayaran tersebut berlaku untuk tujuh hari ke depan. Baik kapal kecil maupun kapal feri agar berhati-hati saat melaut.

"Para nelayan harus berhati-hati, karena ketinggian gelombang laut selatan Jawa Tengah sedang tidak stabil," kata Shafira di Semarang, Kamis, 4 Oktober 2018.

Gerhana Bulan Penumbra Siap Menyapa Malam Ini, Catat Jam dan Lokasinya

Berdasarkan pengamatan BMKG, tinggi gelombang perairan selatan Jawa Tengah pada hari ini mencapai 1,5 meter hingga 2,5 meter. Bahkan, untuk ombak Samudera Hindia kini meningkat sampai 3 meter. 

Selain imbauan untuk nelayan, pihaknya juga mengingatkan agar wisatawan yang mengunjungi pesisir pantai Cilacap, Kebumen maupun Yogyakarta untuk ekstra waspada. Terlebih, pengaruh badai tropis itu juga menyebabkan angin yang cukup kencang. 

BMKG Ungkap 12 Fakta tentang Gempa Bawean, Masyarakat Diminta Waspada Nomor 6 dan 8

"Tetap jaga kondisi karena angin berubah sangat kencang, ditambah gulungan ombak yang tinggi bisa membahayakan nyawa wisatawan di garis pantai selatan," tuturnya.

Kepala BMKG (Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika) Dwikorita Karnawati

Cuaca Ekstrem Diprediksi Terjadi Selama Mudik Lebaran 2024, BMKG Minta Warga Waspada

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika, BMKG, memprediksi potensi cuaca ekstrem di Indonesia, masih terjadi selama masa mudik Lebaran 2024. Pemudik diminta waspada.

img_title
VIVA.co.id
27 Maret 2024