Letusan Anak Krakatau Malah Tarik Wisatawan

Erupsi Anak Krakatau
Sumber :
  • ANTARA Foto/Atet Dwi Pramadia

VIVA – Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho mengatakan letusan gunung anak Krakatau tak akan sebesar ibunya dahulu. Justru letusan ini menjadi potensi wisata.

Gunung Anak Krakatau Alami 415 Kali Gempa Letusan Sepanjang 2023

"Gunung anak Krakatau tadi juga meletus hampir tiap hari sejak Mei. Tapi enggak bahaya, karena letusannya kecil. Dia masih bocah," kata Sutopo di kantor BNPB, Jakarta, Kamis, 4 Oktober 2018.

Menurutnya, untuk bisa menjulang, anak gunung ini masih perlu tumbuh. Karena letusannya yang kecil, masyarakat sekitar Lampung dan Banten dalam posisi aman.

Gunung Anak Krakatau Meletus Delapan Kali hingga Siang Ini

"Tidak akan gunung anak Krakatau meletus seperti ibunya. Karena dapur magma energi kecil. Itu justru jadi potensi wisata. Wisatawan asing banyak begitu menikmati. Apalagi malam hari lihat batu pijar," kata Sutopo.

Ia mengatakan banyak wisatawan asing jauh dari negaranya datang hanya untuk melihat letusan gunung anak Krakatau. Ia meminta masyarakat Indonesia jangan takut.

Six Biggest Volcanic Eruptions in World History

"Tetap aman  Sebaran abu juga aman, enggak ganggu pelayaran dan penerbangan," kata Sutopo.

Gunung Anak Krakatau meletus 156 kali dalam sehari. Setidaknya, ini berdasarkan pemantauan sejak Selasa kemarin, 2 Oktober 2018. Bahkan, gunung anak Krakatau mengeluarkan lava pijarnya ke seluruh arah gunung.

Erupsi Gunung Anak Krakatau

Gunung Anak Krakatau Terus Erupsi, Ketinggian Abu Vulkanik Capai 2.000 Meter

Saat ini, Gunung Anak Krakatau berada di Level III atau Siaga, dengan rekomendasi dilarang mendekat dalam radius 5 km.

img_title
VIVA.co.id
4 Desember 2023