Ratna Ngaku Berangkat ke Cile Dibiayai Pemprov DKI

Ratna Sarumpaet diamankan di Bandara Soeta
Sumber :
  • VIVA.co.id/Foe Peace Simbolon

VIVA – Aktivis Ratna Sarumpaet ditangkap di Bandara Soekarno Hatta, Kamis malam, 4 Oktober 2018. Ratna diamankan saat hendak berangkat ke Santiago, Cile untuk menghadiri acara konferensi penulis teater wanita.

Soal Ratna Sarumpaet, yang Baru Bebas dari Penjara karena Kasus Hoax

Saat dikonfirmasi, Ratna membenarkan rencana tersebut. Namun, ia mengaku keberangkatan ke Cile dibiayai Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

"Saya ceritakan bahwa ini sebenarnya saya diberangkatkan Pemda DKI," kata Ratna dalam wawancara dengan tvOne, Kamis malam, 4 Oktober 2018.

Usai Bebas, Ratna Sarumpaet Akan Rilis Buku dan Buat Film

Ratna mengatakan pada 2007, konferensi yang pernah digelar Pemprov DKI ketika Sutiyoso menjabat Gubernur DKI.

"Karena kongres yang serupa pada 2007 pernah diselenggarakan DKI Jakarta ketika Pak Sutiyoso jadi gubernur. Jadi, itu salah satu alasan Pemda memberangkatkan saya," tutur Ratna.

Ratna Sarumpaet Akui ‘Salah’ Masuk Tim Prabowo

Kemudian, ia menceritakan kronologi singkatnya ketika akan diamankan petugas. Rencananya, Ratna akan berangkat ke Santiago, Cile dengan jadwal penerbangan pukul 21.00. Ratna yang sudah masuk ke pesawat namun diminta keluar karena permintaan kepolisian.

"Saya sudah masuk pesawat. Pesawat sudah mau siap jalan. Tapi, tiba-tiba petugas imigrasi meminta untuk keluar dulu, ada perintah dari kepolisian. Mereka dapat perintah dari atasan," jelas Ratna.

Ratna diamankan seorang diri di bandara Soetta. Saat diamankan, pihak kepolisian sudah membawa surat penangkapan dengan status tersangka.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya