Penjelasan Pemprov DKI soal Jadi Sponsor Ratna Sarumpaet ke Cile

Ratna Sarumpaet (kanan) memberikan klarifikasi terkait pemberitaan penganiyaan terhadap dirinya di Kediaman Ratna Sarumpaet, Kawasan Bukit Duri, Jakarta
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Galih Pradipta

VIVA – Pemprov DKI Jakarta mengakui keberangkatan aktivis Ratna Sarumpaet ke Cile berdasarkan permintaannya untuk menghadiri acara konferensi internasional. Konferensi internasional tersebut rencananya akan berlangsung dari tanggal 7-12 Oktober mendatang di Santiago, Chile.

Pemprov Jakarta Berangkatkan 12.170 Peserta dengan 279 Bus Mudik Gratis ke 19 Daerah

Plt Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Pemprov DKI Jakarta Asiantoro mengatakan, Pemprov DKI pada tanggal 31 Januari 2018 mendapatkan surat permohonan dari Ratna Sarumpaet. Dalam surat itu, Ratna meminta difasilitasi kehadirannya pada acara The 11th Women Playrights International Conference 2018 di Santiago, Chile.

Dalam surat dengan perihal permohonan sponsor tersebut, Ratna Sarumpaet menjelaskan konferensi tersebut adalah kongres tiga tahunan yang digelar di berbagai negara. Ratna mengaku sebagai salah seorang anggota senior di kongres tersebut.

Dishub DKI Tutup JLNT Casablanca-Tanah Abang Mulai Malam Ini, Kenapa?

“Bu Ratna meminta bantuan sponsor kepada Pak Gubernur untuk mengikuti kegiatan WPI,” ujarnya melalui keterangan tertulis, dikutip Jumat dini hari, 5 Oktober 2018.

Letter of Invitation tersebut dikirimkan ke Ratna tertanggal 17 Oktober 2017. Dalam suratnya panitia penyelenggara mengundang Ratna sebagai salah satu juru bicara dan ikut membagikan pengalamannya kepada para peserta. Selain itu, Ratna akan mengikuti berbagai kegiatan lainnya.

Robot Bergerak Bantu Padamkan Kebakaran Gudang Munisi TNI Ciangsana Bogor

Surat permohonan tersebut kemudian diterima oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan pada 19 Februari 2018. Kemudian, surat tersebut didisposisikan kepada Dinas Pariwisata dan Kebudayaan.

“Disposisi Bapak Gubernur ke Dinas Parbud adalah difasilitasi dan didukung serta TL (tindak lanjut) sesuai ketentuan,” tambahnya.

Baca: Ratna Ngaku Berangkat ke Cile Dibiayai Pemprov DKI

Asiantoro melanjutkan, pihaknya kemudian mendisposisikan surat tersebut ke Bidang Nilai Sejarah dan Budaya. Kemudian, ditindaklanjuti dengan membuat nota dinas ke Biro Administrasi Sekretariat Daerah (ASD) dikarenakan biaya perjalanan dinas merupakan tupoksi Biro ASD.

“Dinas Parbud melakukan pengaturan perjalanan Ratna Sarumpaet sekaligus membantu berkoordinasi dengan pihak panitia Woman Playrights International. Dan dijadwalkan bu Ratna akan tampil di opening tanggal 7 Oktober 2018,” tuturnya.

Nama Ratna sendiri sudah tercantum di Instagram Women Playrights International (WPI) yakni di instagram.com/wpichile2018. Pada postingan tanggal 10 April 2018, nama Ratna sudah termasuk dalam salah satu pembicara di konferensi tersebut.

    

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya