Korban Meninggal Gempa Palu Sudah Mencapai 1.763 Jiwa

Sutopo Purwo Nugroho
Sumber :
  • VIVA/Irwandi Arsyad

VIVA – Jumlah korban meninggal dunia akibat bencana alam gempa bumi dan tsunami di Palu dan Donggala, Sulawesi Tengah terus bertambah.

Tolong! Masih Banyak Korban Gempa Palu di Penampungan Dihantui Corona

Berdasarkan data yang dirilis oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), hingga Minggu 7 Oktober 2018, pukul 11.00 WIB, tercatat korban jiwa telah mencapai lebih 1.700 orang meninggal dunia.

"Tercatat 1.763 orang meninggal dunia," kata Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho dalam konferensi pers di gedung BNPB, Jakarta Timur, Minggu 7 Oktober 2018.

Melalui MUI, Taiwan Beri Bantuan Rp5 Miliar untuk Korban Gempa Palu

Sutopo menjelaskan, jumlah korban meninggal dunia itu terdiri atas berbagai wilayah. Di Donggala 159 orang, Kota Palu 1.519 orang, Sigi 69 orang, Parigi Moutong 15 orang dan di Pasangkayu, Sulawesi Barat satu orang.

Sutopo menambahkan, sebagian besar jenazah telah dimakamkan. Pemakaman ini dilakukan di TPU Paboya sebanyak 753 jenazah (pemakaman massal), TPU Pantoloan sebanyak 35 jenazah (pemakaman massal), pemakaman keluarga 923 jenazah, Donggala sebanyak 35 jenazah, Biromaru sebanyak delapan jenazah, dan Pasangkayu satu jenazah.

Presiden Jokowi Pastikan Hunian Korban Bencana Palu Selesai di 2020

"1.755 jenazah telah dimakamkan," ujar Sutopo.

Pembangunan hunian tetap (huntap) yang dibangun Kementerian PUPR.

Kebut Pembangunan Pasca Gempa-Tsunami di Sulteng, Lebih 5 Ribu Huntap Disiapkan

Hunian tetap atau huntap salah satu upaya pemulihan kerusakan infrastruktur pascabencana gempa bumi dan tsunami, di Sulawesi Tengah pada 28 September 2018 lalu.

img_title
VIVA.co.id
26 Maret 2023