Megawati Ingatkan Semua Kota Punya Sistem Peringatan Dini

Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay

VIVA – Ketua Umum PDIP, Megawati Sukarnoputri, meminta semua kota di Indonesia termasuk Jakarta agar mempunyai sistem peringatan dini bencana yang baik. Hal ini karena Indonesia berada di kawasan ring of fire.

BMKG Sebut Gelombang hingga 2,5 Meter Bakal Terjadi di Perairan Indonesia, Ini Lokasinya

"Apakah mereka punya sistem anti gempa? Saya tak tahu. Mudah-mudahan sudah," kata Megawati di kantor DPP PDIP, Lenteng Agung, Jakarta, Senin 8 Oktober 2018.

Presiden ke-5 RI ini menjelaskan, Jakarta mempunyai potensi bencana alam karena dekat dengan anak Gunung Krakatau dan Rakata. Kedua gunung berapi tersebut masih aktif dan setiap saat bisa meletus.

BMKG Peringatkan Masyarakat Waspadai Hujan Badai di 27 Provinsi

"Saya minta tolong Jakarta apa persiapannya. Bukan mau bikin takut. Seperti Jakarta tolong dong persiapan tanggap bencananya apa? Ketika gunung berapi erupsi, saya bilang harus ada latihan masyarakat tanggap bencana," katanya.

Bila tidak ada sistem peringatan dini yang baik, masyarakat akan panik saat bencana datang. "Bagaimana tak panik, karena tak ada panduan. Beda kalau ada panduan," ujarnya.

Gedung Putih Sebut Serangan Iran terhadap Israel yang Gagal Memang Disengaja

Megawati meminta pemerintah mengawasi pembangunan gedung-gedung bertingkat. Dan memastikan gedung yang dibangun sesuai standar dan aman dari getaran gempa bumi, untuk itu pemerintah bisa belajar dari Jepang.

"Sehingga dalam aturan mengikat dari pemda. Dari dulu saya sudah bilang, ubah untuk izin mendirikan bangunan. Bangunannya harus anti gempa," tuturnya. 

Megawati mengungkapkan apa yang dipikirkan terkait penanganan bencana sudah disampaikan pada Presiden Joko Widodo.

"Pak Jokowi sangat mengerti apa yang saya keluhkan. Ayo Pak, segera. Ini saya tidak kampanye, ayo kalau menang segera ini dibangun," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya