Soal Aliran Dana ke Petinggi Polri, Ini Penjelasanya 

Kapolri Jenderal Tito Karnavian.
Sumber :
  • VIVA/Zahrul Darmawan

VIVA – Indonesialeaks telah melakukan investigasi mengenai perkara dugaan suap yang menjerat mantan Ketua Mahkamah Konstitusi, Patrialis Akbar dan pengusaha impor daging Basuki Hariman. 

Viral, Warga Berebut Daging Sitaan yang Telah Ditimbun Bea Cukai di Bengkalis

Dalam kasus itu ada dugaan aliran dana ke petinggi Polri, yang tercatat dalam buku bersampul warna merah. Diduga aliran dana itu diberikan kepada Kapolri, Jenderal Polisi Tito Karnavian. 

Menanggapi hal itu, Direktur Reserse Kriminal Khusus, Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Polisi, Adi Deriyan Jayamarta mengatakan bahwa perkara itu sudah lama dilakukan penyelidikan. 

Erick Thohir: Tidak Mungkin Pangan Kita Tergantung Impor

"Gini, itu kan tahun 2017 dan kita sudah melakukan proses penyelidikan, dan penyidikan kepada Pak Basuki langsung sumbernya dari siapa? Pak Basuki," ujar Adi Deriyan Jayamarta di kantornya Jakarta, Senin, 8 Oktober 2018. 

Ia pun menanyakan hal itu kepada yang bersangkutan terkait dugaan aliran dana impor daging ke pejabat Polri, dan berdasarkan keterangan dari Basuki tidak ada. 

Mendagri Tito Minta Bantuan Polri Dukung Pilkada 2020 saat Pandemi

"Kita tanya ke dia apa benar pernah memberikan apa yang tercatat dalam buku merah? kata Pak Basuki tidak pernah. Jadi selesai. Kalau sumbernya saja bilang tidak pernah, kenapa kita bilang ada," ujarnya. 

Adi pun membantah mengenai buku merah yang berisi laporan keuangan yang dirusak, bahkan dikasih tanda tip-ex tersebut. 

"Siapa yang bilang diduga dirobek? Gini sekarang buku merah dijadikan barbuk di pengadilan. Enggak ada apa-apa kan? Pengadilan berjalan lancar. Tapi sekarang kita tanya terus ke Pak Basuki sebagai sumber informasi tentang buku merah," katanya. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya