Kubu Jokowi Sebut Kasus Novel Baswedan dan Ratna Sarumpaet Beda

Ketua DPP PKb sekaligus Wakil Ketua Tim Kampanye Nasional, Abdul Kadir Karding (kanan).
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Wahyu Putro A

VIVA - Wakil Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf, Abdul Kadir Karding, menilai kasus antara Ratna Sarumpaet dengan Novel Baswedan berbeda, sehingga kecepatannya juga berbeda. Kasus Ratna lebih mudah dibuktikan.

Firli Bahuri Kirim Surat ke Jokowi Nyatakan Mundur Jadi Ketua KPK, Novel: Modus Lama!

"Ya harus dilihat kasusnya, beda. Kalau Mbak Ratna bukti-bukti dengan mudah diperoleh, ada saksi rumah sakit, ada CCTV, ada Bu Ratna sendiri," kata Karding di Gedung DPR, Jakarta, Selasa, 9 Oktober 2018.

Ia membandingkan dalam konteks kasus penyiraman air keras terhadap Novel, sampai hari ini polisi belum bisa menemukan bukti-bukti. Tapi kasus Novel tetap didorong harus diusut dengan segera dan tuntas.

Novel Baswedan Minta Firli Bahuri Segera Ditahan setelah Praperadilan Ditolak

"Kita semua harus mendorong kasus Novel ini harus diusut tuntas," kata Karding.

Sebelumnya, Ratna ditangkap polisi, Kamis malam, 4 Oktober 2018 di Bandara Soekarno-Hatta saat hendak bertolak ke Cile. Ratna ditangkap atas kasus dugaan penyebaran berita bohong atau hoax terkait penganiayaan terhadapnya.

Novel Baswedan Heran Alex Marwata Hadir Jadi Saksi Praperadilan Firli Bahuri

Dia disangkakan dengan Pasal 14 Undang Undang Nomor 1 Tahun 1946 tentang Peraturan Hukum Pidana dan Pasal 28 jo Pasal 45 Undang Undang ITE. Atas kasus tersebut, Ratna terancam 10 tahun penjara.

Penanganan kasus Novel berjalan di tempat di Komnas HAM dan Polri. Tidak ada perkembangan signifikan yang dilakukan oleh kedua institusi tersebut dalam beberapa waktu terakhir. (ase)

Novel Baswedan, Sarasehan Budaya Dua Tahun Novel

Omongan Lawas Novel Baswedan soal Karma Firli Bahuri: Tak Usah Dibalas, Nanti Jatuh Sendiri

Dewas KPK menjatuhkan sanksi pelanggaran kode etik berat terhadap Firli Bahuri, yakni diminta mengundurkan diri dari pimpinan KPK

img_title
VIVA.co.id
28 Desember 2023