Penjelasan Komandan Paspampres soal Anggotanya Turunkan Dua Jari

Anggota Paspampres
Sumber :
  • Instagram

VIVA – Sempat viral sebuah video pendek memperlihatkan seorang anggota Pasukan Pengamanan Presiden atau Paspampres yang menurunkan dua jari seorang mahasiswa saat hendak berfoto dengan Presiden Joko Widodo.

Jokowi Resmikan 147 Bangunan yang Direhabilitasi Pasca Gempa di Sulawesi Barat

Komandan Paspampres Mayjen TNI (Mar) Suhartono menjelaskan, video itu diambil saat Presiden Jokowi menghadiri undangan Dies Natalis ke-66 Universitas Sumatera Utara (USU). Kehadiran orang nomor satu di Indonesia itu, menurut Suhartono, disambut meriah para mahasiswa USU.

"Mereka berebut minta berswafoto dengan Presiden sambil berteriak histeris. Berbagai teriakan itu, antara lain ‘lanjutkan’ sambil acungkan satu jari, ada juga yang bilang ‘Pak Jokowi dua periode pak,’ sembari mengacungkan dua jarinya," jelas Suhartono, dalam siaran persnya, Selasa 9 Oktober 2018.

MK Tolak Gugatan Anies dan Ganjar, Jokowi Ajak Semua Bersatu Bangun Bangsa dan Hadapi Geopolitik

Karena sudah terlalu politik, maka anggota Paspampres mendekati mereka yang berteriak itu. Termasuk yang di video, saat menurunkan jari seorang mahasiswa tersebut.

"Aksi warga dan mahasiswa tersebut membuat anggota Paspampres spontan mengimbau salah satu warga yang berada di dekatnya sambil berkata, ‘kalau mau foto tidak usah berteriak-teriak dua periode, dan juga tidak usah acungkan jari-jarinya’," jelasnya.

Hakim Tolak Gugatan Anies dan Ganjar, Jokowi: Paling Penting Tuduhan Politisasi Bansos Tak Terbukti

Mengingat lokasinya berada di kampus, dan tempat itu sesuai dengan aturan maka harus steril dari kepentingan politik apapun. Sehingga terjadilah aksi itu, agar kunjungan Presiden Jokowi yang kembali maju di Pilpres 2019, tidak politis.

"Anggota Paspampres tersebut berpikir bahwa kampus bukan tempat berpolitik praktis dan kehadiran Presiden untuk menghadiri undangan resmi sehingga tidak elok jika ada kegiatan yang bernuansa politik," jelasnya.

Sebelumnya diberitakan, beredar sebuah video Pasukan Pengaman Presiden (Paspampres) membenarkan jari tangan salah seorang pria yang menggunakan simbol 'peace' saat ingin berfoto dengan Presiden Joko Widodo.

Seorang paspampres tersebut coba melempengkan dua jari seorang pria yang diduga mahasiswa dengan jaket almamater warna hijau tersebut.

Video ini ramai di media sosial. Salah satunya di-upload oleh pemilik akun Instagram @suryoprabowo2011. Dalam video tersebut tampak sejumlah orang yang ingin berfoto dengan Jokowi.
 
Di sekitarnya terdapat sejumlah personel paspampres yang berjaga di depan dan samping Jokowi. Dari awal gambar, pria berkacamata dengan almamater hijau itu tampak mengacungkan jari tengah dan telunjuknya. Melihat hal tersebut, paspampres yang ada di dekatnya langsung membenarkan dua jari itu agar menjadi jempol saja.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya