Pada Nelayan, Sandi Berjanji Pangkas Perizinan

Sandiaga bersama nelayan di Banyuwangi
Sumber :
  • VIVA/Anwar Sadat

VIVA – Calon Wakil Presiden nomor urut 02, Sandiaga Salahudin Uno mengunjungi masyarakat di tempat Pelelangan Ikan Karangsong Indramayu Jawa Barat. Sentra penjualan ikan terbesar di Jawa Barat ini, menyuplai 62 persen persediaan ikan di provinsi tersebut, dengan produksi lebih dari 33 ribu ton per tahun.

Sandiaga Sarankan Khofifah-Risma 'Tidak Berpolitik' untuk Lawan Corona

Di lokasi, Sandi menerima keluhan para nelayan soal sulitnya mendapatkan Surat Izin Penangkapan Ikan (SIPI). Proses birokrasi yang rumit, membuat banyak kapal menganggur dan nelayan tidak melaut. Salah satu warga yang menyampaikan keluhan tersebut adalah juragan kapal bernama Hariri.

"Sekarang masih terasa sulit urus izinnya pak. Jadi kasihan kalau nelayan tidak melaut. Banyak keluarga yang bergantung pada pekerjaan ini. Karena satu kapal itu mempekerjakan 16 orang nelayan, mereka menghidupi, katakanlah, satu nelayan punya empat orang yang harus dihidupi, berarti 64 orang bisa tidak makan," kata Hariri kepada Sandiaga Uno, Rabu 10 Oktober 2018.

Sebar Lokasi CFD, Sandiaga Sebut Kebijakan Tepat

Hal serupa juga diungkapkan Ketua Koperasi Mina Mitra Nelayan Karangsong, bernama Darto. Menurut Darto, para nelayan tidak pernah  meminta bantuan pemerintah, namun nelayan hanya meminta dipermudah mengurus izinnya saja

"Kami nelayan di sini, dididik mandiri sejak kecil. Jadi, tolong jangan dipersulit izin kami. Dan, ini bukan cuma di Indramayu, tetapi juga nelayan seluruh Indonesia. Saya minta Pak Sandi berjanji mempermudah soal izin ini," kata Darto

Industri Otomotif RI Bisa Jadi Ladang Lapangan Kerja karena Hal Ini

Mendapatkan keluhan dari dua nelayan tersebut, Sandi pun bersedia menyanggupi untuk mewujudkan keinginan para nelayan tersebut.

"Prabowo Sandi tidak akan melupakan jasa-jasa nelayan. Kami berjanji, kesejahteraan nelayan akan lebih baik. Catat, jika Allah SWT mengizinkan saya dan Pak Prabowo memimpin bangsa ini, Proses perizinan ini akan saya pangkas birokrasinya. Sehingga, nelayan bisa melaut dengan aman. Catat satu tahun lagi, saya akan berdiri di sini, di kapal milik Pak Hariri ini, untuk mewujudkan janji ini," ujar Sandiaga.

Sandiaga Khawatir Gelombang Ketiga Corona yang Lebih Dahysat

Berkaca pada flu Spanyol 1918.

img_title
VIVA.co.id
26 Juni 2020