Korban Gempa Sulteng Nikmati Rendang Pemberian Wagub Sumbar

Gubernur Sumatera Barat bagikan rendang ke korban gempa dan tsunami Palu.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Andri Mardiansyah

VIVA – Wakil Gubernur Sumatera Barat Nasrul Abit melakukan peninjauan langsung kebeberapa titik pengungsian korban bencana gempa dan tsunami di Sulawesi Tengah, Rabu malam 10 Oktober 2018.

Kebut Pembangunan Pasca Gempa-Tsunami di Sulteng, Lebih 5 Ribu Huntap Disiapkan

Selain meninjau dan menyapa masyarakat Sulteng di sejumlah titik posko pengungsian seperti di kawasan Palu, Balarao, Petabo dan Jembatan Kuning Pantai Talise, Nasrul Abit juga membagikan sejumlah paket rendang siap saji kepada korban yang terdampak. 

Tujuannya tak lain, agar para korban dapat menikmati kuliner terlezat di dunia itu dan mengurangi konsumsi indomie dan makanan instan lainnya. Nasrul ingin, walau menjadi korban, namun makanan yang dikonsumsi tetap memiliki kandungan gizi yang baik.

5 Resep Rendang Padang Ini Mudah Dibuat dengan Santai Dirumah

“Saya menyempatkan diri mengunjungi beberapa posko pengungsian. Saya membagikan beberapa paket rendang agar dapat dinikmati masyarakat yang terdampak gempa dan tsunami ini. Mereka antusias menyambut kedatangan kami. Dan mengucapkan terima kasih, karena sudah lama menanti distribusi logistik rendang ini, yang sempat bikin heboh di Media Sosial,” kata Nasrul Abit, Rabu malam 10 Oktober 2018.

Nasrul Abit menegaskan, jumlah 1,8 ton rendang yang saat ini sudah didistribusikan, memang tidak akan pernah cukup untuk memenuhi kebutuhan pangan semua masyarakat Sulteng yang tertimpa bencana. Walau belum bisa menyeluruh, Nasrul berharap bantuan ini sedikit banyak bisa meringankan beban korban yang terdampak.

Stok Daging Banyak? Yuk Buat Rendang Sapi

“Bagi masyarakat yang berkeinginan makanan rendang ini, tentu dapat meminta di posko utama seperti yang disampaikan Gubernur Sulteng Longki Djanggola sebelumnya. Kita tahu bantuan rendang ini oleh kebijakan pemerintah Sulteng dibagikan di dapur umum, posko utama rumah jabatan Gubernur dan dapur umum Dinas sosial Provinsi Sulteng,” ujarnya.

Walau sudah didistribusikan, namun Nasrul mengimbau kepada seluruh masyarakat yang ada di Sumatera Barat maupun di Ranah Rantau, untuk terus mengirimkan bantuan rendang ini. Karena, selain memiliki kandungan gizi, cita rasa lezat, rendang juga tahan lama. Itu artinya, rendang memang cocok buat logistik bantuan dikondisi bencana.

Nasrul Abit menjelaskan, selain rendang Pemprov Sumbar juga menyalurkan bantuan berupa uang senilai Rp1 miliar yang saat ini telah diserahkan secara simbolis kepada Gubernur Sulteng Longki Djanggola. Penyerahan dilakukan di Kantor Gubernur Sulteng, Rabu malam.

"Bantuan ini sumbernya APBD. Uang sedang dalam proses transfer. selain bantuan itu, Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Sumbar juga menyalurkan bantuan sebesar Rp150 juta bagi perantau Minang yang menjadi korban bencana itu,” tutupnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya