Taman Indonesia Kaya Ruang Para Seniman di Kota Semarang

Hendrar Prihadi menekan tombol tanda telah diresmikan Taman Indonesia Kaya
Sumber :

VIVA – Taman Indonesia Kaya yang digadang-gadang menjadi ikon baru kota Semarang resmi dibuka Rabu 10 Oktober 2018 oleh Walikota Semarang Hendrar Prihadi.

Deretan Fakta Ratusan Motor Gratis dari Wali Kota Semarang buat Lurah

Dengan didampingi istrinya, Krisseptiana Hendrar Prihadi, Presiden Director Djarum Foundation, Victor Rahmat Hartono, dan Program Director Bakti Budaya Djarum Foundation, Renitasari Adrian serta Wakil Wali kota Hevearita Gunaryanti Rahayu, Hendi sapaan akrab walikota melakukan pemencetan tombol dan penandatanganan prasasti sebagai simbol dibukanya Taman Indonesia Kaya.

“Terletak di pusat kota, Taman Indonesia Kaya ini memberikan warna baru bagi Kota Semarang dan dapat menjadi rumah bagi para seniman Jawa Tengah yang bisa digunakan untuk berbagai macam kegiatan dan pertunjukan seni budaya. Diharapkan dengan kehadiran Taman Indonesia Kaya, para komunitas seni maupun para pekerja seni yang ada di Jawa Tengah akan lebih terinspirasi dan terdorong untuk menciptakan karya-karya baru untuk mengembangkan seni budaya Jawa Tengah, sehingga dapat lebih dikenal dan mampu bersaing di dunia seni pertunjukan Indonesia,” tutur Hendi sapaan akrab walikota.

Pemkot Semarang Bakal Ubah Taman Tegalsari Jadi Taman Pasif untuk Percantik Kota

Walikota kemudian membeberkan mengenai awal proses pembangunan hingga terealisasinya Taman Indonesia Kaya. Dimulai dari tahun 2015 pihaknya ingin membangun taman ini namun mentah lagi. Hingga kemudian setelah dilantik Walikota bertemu lagi dengan Djarum Foundation.

“Namanya sudah jodoh akhirnya Saya dan Djarum Foundation bertemu lagi setelah dilantik menjadi Walikota Semarang. Alhamdulillah dalam waktu 11 bulan terakhir ini semua di lakukan percepatan, koordinasi dan komunikasi hingga akhirnya taman ini terbangun,” urai Walikota

Upayakan Kesejahteraan Petani, Pemkot Semarang Launching Badan Usaha Milik Petani

Ia pun berharap warga kota Semarang dapat memanfaatkan panggung yang terdapat di Taman Indonesia Kaya untuk berkesenian dan melestarikan budaya Jawa Tengah khususnya budaya Semarang.

“Dari pihak Djarum hanya meminta 1 slot pertunjukan dalam 1 bulan. Jadi masih ada 3 kali waktu yang kosong yang kemudian bisa dimanfaatkan teman-teman seniman Semarang, dengan diisi dengan kegiatan yang menghibur, menumbuhkan kreativitas dan juga bisa menjadi aktivitas rutin setiap malam minggu bagi masyarakat yang akan berkunjung di Taman Indonesia Kaya,” pungkasnya.

Taman Indonesia Kaya yang dulu dikenal sebagai  taman KB yang berlokasi di Jalan Menteri Soepeno ini merupakan bantuan CSR Djarum Foundation. Taman yang berdiri di atas lahan seluas 5.000 meter persegi ini merupakan taman terbesar pertama di Jawa Tengah yang menghadirkan konsep panggung seni pertunjukan terbuka yang ditujukan sebagai wadah ekspresi pekerja seni.

Fasilitas yang disediakan Taman Indonesia Kaya berupa 2 buah panggung budaya yang menghadap ke SMA N 1 dan Kantor Gubernur, masing-masing berkapasitas 200 orang dan 8000 orang. Selain itu Taman Pandawa Lima yang dibuat oleh Komroden Haro, Pelataran Penikmat Seni, Amphitheater, Area Hijau, Gerbang Mural karya 5 seniman muda Semarang (Puthut Aldoko Wilis, Arief Hadinata, Azis Wicaksono, Guruh Indra W dan Muhammad So’if), serta Air Mancur Menari yang dibangun oleh Pemerintah Kota Semarang yang dapat bergerak selaras dengan alunan musik klasik dan lagu-lagu perjuangan Indonesia yang dijadwalkan akan menyala setiap hari pada pukul 19.00 – 20.00 dan 19.00 - 21.00 di akhir pekan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya