Sudah 14 Gempa Susulan di Situbondo

Ilustrasi gempa Situbondo
Sumber :
  • Twitter.com/infobmkg

VIVA - Gempa bumi dengan kekuatan 6,4 skala richter yang telah mengguncang Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, pukul 01.44 WIB, Kamis, 11 Oktober 2018.

Jatim Diguncang 633 Gempa Selama 2018: Paling Banyak Bulan Juli

Deputi Bidang Geofisika Badan Metereologi, Klimatologi, dan Geofisika, Muhamad Sadly, mengatakan dari monitoring BMKG, ada 14 aktivitas gempa bumi susulan (after shock) pasca kejadian tersebut.

Ia merinci gempa bumi susulan yang paling kuat itu terjadi pukul 02.22 WIB dengan kekuatan gempa 3,5 SR, pukul 03.13 WIB gempa bumi kekuatan 2,4 SR.

BNPB: Gempa Situbondo Tak Ada Kaitannya dengan Palu

"Kepada masyarakat diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya," ujar Muhammad Sadly dalam keterangannya di Jakarta.

Sadly menambahkan, gempa bumi 6,4 SR dirasakan di Pulau Madura, Jawa Timur, dan Bali. Di Pulau Sapudidan Kalianget Kabupaten Sumenep, guncangan gempa dirasakan dalam skala insentitas IV-VMMI.

Penampakan Rumah-rumah Rusak di Pulau Sapudi karena Gempa

Di Situbondo, Banyuwangi, dan Jemberana Bali Barat, gempa dirasakan skala intensitas III-IVMMI. Sedangkan, di Denpasar, Kuta, dan Nusa Dua dirasakan dalam skala intensitas IIIMMI.

Selain itu, gempa bumi dilaporkan menimbulkan korban jiwa tiga orang meninggal dunia, di Dusun Jambusok Desa Prambanan, Kecamatan Gayam, Kabupaten Sumenep.

"Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami," katanya. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya