Tim SAR Evakuasi 20 Keluarga yang Terjebak Banjir Pasaman Barat

Sejumlah warga dievakuasi akibat banjir yang kepung Sumatera Barat.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Andri Mardiansyah

VIVA – Tim SAR di Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat, hingga Jumat pagi sudah berhasil mengevakuasi sebanyak 20 Kepala Keluarga (KK) yang terjebak banjir, menyusul tingginya curah hujansejak Kamis sore 11 Oktober 2018.

Remaja di Jaksel Sempat Open BO Sebelum Tewas Dicekoki Narkoba di Hotel

20 Kepala keluarga tersebut tersebar di beberapa titik seperti di Kecamatan Luhak Nan Duo, Ranah Pasisie, Ujung Gading dan Aia Bangih. Hingga kini, tim rescue masih berupaya melakukan evakuasi menggunakan perahu karet dan peralatan vertical rescue.

"Tim sampai saat ini masih patroli di lapangan. Kita masih berupaya melakukan evakuasi. Perahu karet, penerangan, pelampung, tandu rescue box dan peralatan vertical rescue kita kerahkan," kata Fahmi, Koordinator Kantor Pos SAR Kabupaten Pasaman Barat, Kamis malam 11 Oktober 2018.

Ibu dan Dua Anak Tertimbun Longsor di Garut, Petugas Kesulitan Lakukan Evakuasi

Fahmi menjelaskan, debit air mulai meningkat sejak sore tadi lantaran curah hujan yang cukup tinggi. Belum ada laporan baik itu soal korban jiwa maupun kerugian materil. Yang jelas, tim masih berupaya mengevakuasi warga ke titik yang lebih aman.

Terpisah, Rumainur Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik, BPBD Sumatera Barat menyebutkan, selain Kabupaten Pasaman Barat, Banjir dan longsor juga menghantam beberapa Kabupaten lainnya seperti di Pasaman Barat, Agam, Pessel, Limapuluh Kota Tanah Datar dan Agam.

Rektor UNU Gorontalo Resmi Dilaporkan Polisi atas Kasus Dugaan Pelecehan Seksual

Selain itu, arus di jalan lintas Sumatera tepatnya di Muaro Kalaban, Kota Sawahlunto macet total, lantaran badan jalan tertutup material longsor. Petugas gabungan hingga kini masih mendata dampak kepungan banjir ini dan mengevakuasi warga yang masih terjebak banjir.

"Evakuasi masih berlangsung. Kita juga masih mendata. Belum diketahui berapa korban jiwa dan kerugian materil yang timbul," tutup Rumainur. (ren)

Ketiga jasad korban longsor disemayamkan di rumah duka

Jasad Ibu dan Dua Anak Korban Longsor di Garut Ditemukan

Ketiga korban longsor langsung disemayamkan di rumah duka sanak saudaranya. 

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024